Pabrik Drone Kamikaze Shahed-136 di Alabuga Diserang Pesawat Tanpa Awak, Kerusakannya Seperti Ini

Pabrik Drone Kamikaze Shahed-136 di Alabuga Diserang Pesawat Tanpa Awak, Kerusakannya Seperti Ini

Foto : Lokasi serangan pesawat tanpa awak di Alabuga-Pabrik Drone Kamikaze Shahed-136 di Alabuga Diserang Pesawat Tanpa Awak, Kerusakannya Seperti Ini-Indomiiter.com

PAGARALAMPOS.COM - Alabuga, sebuah kota kecil yang terletak di Republik Tatarstan, Rusia, sejak awal tahun 2023 telah menjadi incaran agen intelijen yang kontra terhadap Kremlin.

Pasalnya di Alabuga atau dikenal dengan sebutan Yelabuga, terdapat fasilitas produksi drone kamikaze Shahed-136 (Geran-2) rancangan Iran yang masif digunakan dalam perang di Ukraina.

Lantaran jadi target strategis untuk dihancurkan oleh Ukraina, pada 2 April 2024, pabrik drone Shahed-136 telah diserang, yakni dengan menggunakan pesawat sport ringan Aeroprakt A-22 Foxbat.

Dari rekaman video yang diposting akun Twitter @clashreport, disebut bahwa A-22 Foxbat yang berkapasitas dua kursi telah dimodifikasi sebagai pesawat tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) alias drone.

BACA JUGA:Saat Nempel di Pelabuhan Eilat, Korvet Israel Sa’ar 6 Class Nyaris Disengat Drone Kamikaze

A-22 Flying Fox, juga dikenal sebagai Aeroprakt A-22 Foxbat, adalah pesawat ultralight dengan tiga roda pendara dua kursi, sayap tinggi, yang dirancang oleh Yuri Yakovlev dan diproduksi oleh Aeroprak, pabrikan dirgantara asal Ukraina.

Sebuah video telah merekam detik-detik impact pesawat tersebut ke fasilitas pabrik yang disertai ledakan, selain adanhya korban luka.

Sejauh ini belum diketahui dampak dari serangan drone A-22 Flying Fox, apakah berpengaruh atau tidak pada produksi drone kamikaze Shahed-136.

BACA JUGA:ALKA DEWS, Sistem Hanud Berbasis Laser Dan Elektromagnetik Yang Jatuhkan Drone Wing Loong II Di Libya

Yang menarik untuk dicermati, Alabuga berlokasi cukup jauh dari garis perbatasan Rusia-Ukraina, yakni sekitar 1.200 km dari perbatasan.

Tidak terdeteksinya kehadiran A-22 Flying Fox oleh sistem pertahanan udara Rusia, jelas merupakan tanda tanya tersendiri dalam insiden ini.

Sebagai catatan, Alabuga terletak sekitar 200 km di sebelah timur Kazan, ibu kota Tatarstan. Alabuga terkenal karena Zona Ekonomi Khusus (SEZ) Alabuga yang merupakan salah satu SEZ terbesar dan paling sukses di Rusia.

BACA JUGA:Ilmuwan Cina Kembangkan Drone Kamikaze Camggih, Bisa Membelah Jadi Enam di Udara

SEZ Alabuga didirikan pada tahun 2005 dan telah menjadi pusat investasi yang signifikan di Rusia, menarik investasi dari perusahaan-perusahaan besar dalam berbagai sektor industri, termasuk otomotif, manufaktur, logistik, dan teknologi informasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: