Menakjubkan! Ribuan Makam Islam Kuno Berhasil Ditemukan Disusun Menyerupai Galaksi

Menakjubkan! Ribuan Makam Islam Kuno Berhasil Ditemukan Disusun Menyerupai Galaksi

Menakjubkan! Ribuan Makam Islam Kuno Berhasil Ditemukan Disusun Menyerupai Galaksi -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Sekelompok ahli arkeologi menggunakan citra satelit untuk mengidentifikasi lokasi lebih dari 10.000 monumen di Kassala, wilayah di Sudan timur. 

Beberapa monumen tersebut terdiri dari tumuli, sebuah struktur menonjol yang tersebar luas dalam pra-sejarah dan sejarah Afrika, dan qubba, istilah yang mengacu pada struktur makam dan tempat suci Islam dalam dunia Arab.

Setelah tim peneliti memetakan monumen pemakaman, mereka kesulitan menafsirkan data. Sebab, beberapa monumen telah digali.

"Kami menghadapi tantangan untuk menafsirkan pembuatan lanskap pemakaman dengan hampir tidak ada data arkeologi tradisional, tapi (kami memiliki) kumpulan data yang cukup besar untuk dapat hipotesis adanya proses yang kompleks, baik pada skala regional maupun lokal," kata Stefano Costanzo, peneliti utama riset dan arkeolog di University of Naples L'Orientale, Italia, kepada Live Science.

BACA JUGA:Penemuan Bersejarah: Menggali Kebenaran di Balik Prasasti Usia 30.000 Tahun di Sacsayhuamán

BACA JUGA:Jejak Peradaban Romawi: Temuan Arsip dan Stempel Bersejarah di Turki

Pemakaman ini ditemukan pada Juli di negara bagian Kassala. Tim peneliti internasional menggunakan citra satelit dan kerja lapangan untuk mengidentifikasi lebih dari 10 ribu makam yang tersebar di area seluas 4.144 meter persegi lebih. Temuan ini dipublikasikan di jurnal ilmiah PLOS One.

"Dengan mata telanjang, jelas bahwa makam-makam yang bergerombol itu dikondisikan oleh lingkungan, namun makna yang lebih dalam mungkin tersirat dalam penataan ruangnya," kata penulis utama studi Stefano Costanzo, arkeolog di University of Naples L'Orientale dikutip dari Live Science.

Costanzo dan rekan-rekannya menggunakan proses Neyman-Scott Cluster, sebuah model yang awalnya dikembangkan untuk mempelajari pola spasial bintang dan galaksi untuk menganalisis penguburan dan menentukan lokasinya.

Jenis makam yang tercatat termasuk qubba yang menarik secara visual, yang sejarah dan desain arsitekturnya menjadi bahan perdebatan, dan tumuli batu yang merupakan struktur relatif sederhana, tersebar luas di seluruh prasejarah dan sejarah Afrika.

BACA JUGA:Inilah Sejarah Candi Megah di Dalam Akar Pohon Raksasa yang Menyimpan Penuh Misteri

BACA JUGA:Mengulik Sejarah Lukisan Prasejarah di Situs Purbakala Tapurarang

Analisis tersebut mengungkapkan enam kelompok dengan sub-kelompok penguburan yang bersarang di dalamnya. 

Para peneliti berpendapat bahwa makam induk, yang mirip dengan pusat galaksi, adalah makam tua yang memiliki makna budaya, dan makam yang lebih muda menyebar di sekelilingnya seperti bintang di cakram galaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: