Mengulik Misteri Lubang Gravitasi yang Misterius! Benarkah Mulai Terpecahkan Oleh Para Ilmuwan

Mengulik Misteri Lubang Gravitasi yang Misterius! Benarkah Mulai Terpecahkan Oleh Para Ilmuwan

Mengulik Misteri Lubang Gravitasi yang Misterius! Benarkah Mulai Terpecahkan Oleh Para Ilmuwan -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Selama bertahun-tahun, para ilmuwan masih kebingungan mengenai asal muasal lubang gravitasi  di Samudera Hindia.

Namun, baru-baru ini mereka  mengidentifikasi kerentanan misterius yang diduga berasal dari beberapa sumber.

Lubang gravitasi di Samudera Hindia adalah tempat di mana  gravitasi bumi lebih lemah, massanya lebih rendah dari biasanya, dan permukaan laut turun lebih dari 328 kaki (100 meter).

Anomali ini telah lama membuat penasaran para ahli geologi, namun para peneliti  di Institut Sains India di Bangalore, India, telah menemukan apa yang mereka yakini sebagai penjelasan yang masuk akal atas pembentukannya.

BACA JUGA:Menenal Sejarah Bharatayudha: Kisah Perang Antar Saudara Pandawa dan Kurawa yang Melegenda

BACA JUGA:Eksplorasi Misteri Sejarah di Bukit Payung, Mengungkap Jejak Purba di Kaki Gunung Sumbing

Terdapat "lubang gravitasi" di Samudera Hindia  di mana  gravitasi bumi lebih lemah, daratan lebih rendah dari biasanya, dan permukaan laut turun lebih dari 328 kaki (100 meter).

Anomali ini telah lama membuat penasaran para ahli geologi, namun  para peneliti  di Institut Sains India di Bangalore, India, telah menemukan apa yang mereka yakini sebagai penjelasan yang masuk akal atas pembentukannya: juga terdapat segumpal magma yang berasal jauh di dalam planet ini.

Untuk sampai pada hipotesis ini, tim menggunakan superkomputer untuk mensimulasikan bagaimana wilayah ini terbentuk, sejak 140 juta tahun yang lalu.

Temuan ini, yang dirinci dalam penelitian yang  baru-baru ini diterbitkan di jurnal Geophysical Research Letters, berfokus pada lautan purba yang sudah tidak ada lagi.

BACA JUGA:Misteri Satrio Wirang dan Ramalan Gunung Slamet: Legenda dalam Lipatan Sejarah Kerajaan Kediri

BACA JUGA:Tak Disangka, 5 Fakta Sejarah Unik Ini Pernah Terjadi di Dunia

Menurut peneliti, penyebab munculnya tarikan gravitasi karena semburan magma yang berasal dari tempat jauh di dalam planet, seperti yang mengarah pada penciptaan gunung berapi.

Adapun, planet Bumi sebenarnya tidak berbentuk bulat sempurna, tetapi mencakup gumpalan dan gundukan. Keduanya memiliki geologi dan kepadatan bervariasi yang menarik massa di dekatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: