Baru Tau, 5 Kuliner Populer di Indonesia Ini Asal Usulnya dari Tionghoa

Baru Tau, 5 Kuliner Populer di Indonesia Ini Asal Usulnya dari Tionghoa

Foto : Sejarah kuliner Indonesia.-Baru Tau, 5 Kuliner Populer di Indonesia Ini Asal Usulnya dari Tionghoa-Google.com

Kini sangat banyak varian bakpia yang populer di Indonesia dan bisa jadi pilihan, tetapi ada satu jenis bakpia yang melegenda yakni bakpia pathuk. Bakpia gaya klasik ini kabarnya sudah ada sejak tahun 1930-an dan terkenal di Yogyakarta.

BACA JUGA:Ragam Kuliner! Inilah 6 Jenis Makanan dengan Cita Rasa Nikmat dari Berbagai Daerah

4. Bakcang


Foto : Bakcang-Baru Tau, 5 Kuliner Populer di Indonesia Ini Asal Usulnya dari Tionghoa-Google.com

Bakcang merupakan hidangan tradisional masyarakat China yang terbuat dari nasi atau ketan dengan isian daging ayam, sapi, atau babi. Bakcang lebih dikenal sebagai bacang yang juga banyak ditemui di Indonesia.

Bakcang juga ada yang berasal dari inovasi masyarakat Cina dimana mereka membuat bakcang menggunakan adonan bakpao yang kemudian jadi salah satu makanan khas tradisi etnis Tionghoa.

Bahkan ada suatu hari istimewa dalam setiap tahunnya yang dinobatkan sebagai Bakcang Day atau perayaan festival makan bakcang bagi masyarakat Cina.

Sebuah mitologi yang diyakini dalam tradisi masyarakat China dipercaya sebagai latar belakang ditetapkannya Bakcang Day atau Hari Bakcang. Legenda tentang tokoh Qu Yuan dan akhir hidupnya yang tragis menyelimuti perayaan Hari Bakcang setiap tahunnya.

BACA JUGA:Gak Boleh Dilewatkan! Inilah 7 Menu Kuliner Khas Sumatera Barat yang Wajib Kamu Cobain Saat Buka Puasa

Terlepas dari sejarahnya yang disebut tragis, tapi bakcang kini jadi kudapan yang cukup digemari dan populer di Indonesia sampai sekarang.

5. Coto Makassar


Foto : Coto Makasar-Baru Tau, 5 Kuliner Populer di Indonesia Ini Asal Usulnya dari Tionghoa-Google.com

Ternyata racikan coto Makassar yang dulu berbeda dengan yang kini banyak ditawarkan. Racikan coto Makassar yang sekarang sudah diadaptasi dari makanan China, yaitu sambal tauco.

Dulu, Indonesia kedatangan pedagang-pedagang China yang membuat mereka akhirnya memadukan makanan lokal dengan bumbu yang mereka bawa dari negara asal mereka.

BACA JUGA:Jajal Wisata Kuliner! Inilah 5 Menu Lezat Khas Medan Cocok Buat Buka Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: