Baru Tau, 5 Kuliner Populer di Indonesia Ini Asal Usulnya dari Tionghoa

Baru Tau, 5 Kuliner Populer di Indonesia Ini Asal Usulnya dari Tionghoa

Foto : Sejarah kuliner Indonesia.-Baru Tau, 5 Kuliner Populer di Indonesia Ini Asal Usulnya dari Tionghoa-Google.com

Orang Jawa menyebut cakwe sebagai 'cino gelut' atau orang China berkelahi karena bentuknya dua potong adonan yang saling menempel seperti beradu badan.

2. Bakso


Foto : Bakso-Baru Tau, 5 Kuliner Populer di Indonesia Ini Asal Usulnya dari Tionghoa-Google.com

Meski populer Indonesia, tapi bakso merupakan hidangan yang muncul setelah para imigran dari China berlabuh di Indonesia ribuan tahun lalu.

BACA JUGA:Rekomendasi Kuliner di Pangandaran yang Murah dan Enak cocok untuk Bukber dan Sahur

Awalnya bakso merupakan makanan dari China, tepatnya di wilayah Fuzhou, Provinsi Fujian. Bakso muncul pada era akhir Dinasti Ming sekitar abad 17.

Cikal bakal bakso pertama kali dibuat oleh Meng Bo. Pria ini sengaja membuat olahan daging yang lembut agar sang ibu yang sedang sakit tetap bisa makan daging.

Akhirnya ia terinspirasi dari kue mochi, kemudian ia mulai membuat bulatan daging cincang dan direbus.

Berbeda dengan di China yang mengolah bakso menggunakan daging babi, di Indonesia bakso biasanya dibuat menggunakan daging sapi. Tapi banyak juga yang membuat bakso dari daging ayam, ikan, udang, hingga daging kerbau.

BACA JUGA:Menjajal 5 Tempat Kuliner di Pagaralam yang Cocok Banget Buat Tempat Bukber Bareng Keluarga

Di Indonesia ada beberapa wilayah yang terkenal dengan hidangan baksonya. Misalnya Wonogiri, Solo, dan Malang. Dari tiga kota ini, perkembangan bakso di seluruh penjuru Indonesia semakin pesat.

3. Bakpia


Foto : Bakpia-Baru Tau, 5 Kuliner Populer di Indonesia Ini Asal Usulnya dari Tionghoa-Google.com

Meski dikenal sebagai oleh-oleh khas Jogja, bakpia punya sejarah panjang. Kudapan berbentuk bulat pipih ini berasal dari negeri tirai bambu alias China.

Di China, kue ini bernama "Tou Luk Pia" yang artinya adalah kue pia kacang hijau. Sementara istilah bakpia sendiri berasal dari Bahasa Tionghoa dialek Hokkian yaitu kata "bak" yang berarti daging dan "pia" yang berarti kue. Secara harfiah berarti kue isi daging.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: