Akibat Konflik! Situs Arkeologi di Gaza Terancam Musnah

Akibat Konflik! Situs Arkeologi di Gaza Terancam Musnah

Akibat Konflik! Situs Arkeologi di Gaza Terancam Musnah -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina tidak hanya berdampak pada kehidupan dan infrastruktur; hal ini juga merusak pilar sejarah dan budaya Palestina yang tak ternilai harganya.

Situasi mencekam membuat situs-situs bersejarah, mulai dari gereja Kristen tertua di Palestina hingga benteng abad ke-14, berada dalam kondisi mengkhawatirkan.

Berbagai lokasi penting terletak di zona evakuasi utara, di mana Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah memerintahkan warga sipil untuk mengungsi.

“Kondisi di Palestina telah menyebabkan hilangnya warisan budaya,” kata arkeolog Perancis Jean-Baptiste Humbert, yang telah bekerja di Palestina selama beberapa dekade.

BACA JUGA:Menghormati Tradisi dan Menemukan Sejarah di Timur Tengah, Arkelog Arab Dilarang Lakukan Ini

BACA JUGA:Kampung Tua Bakkara, Jejak Sejarah Dinasti Sisingamangaraja di Tanah Batak Toba

Konflik Palestina-Israel masih memanas sejak serangan Hamas ke wilayah Israel pada 7 Oktober 2023 dan dibalas oleh Israel dengan serangan udara. 

Akibatnya, ribuan korban jiwa berguguran.

Tak hanya merenggut nyawa, konflik juga membuat kota menjadi kacau dan banyak infrastruktur di Palestina yang rusak, bahkan rata dengan tanah. 

Lebih parahnya lagi, pengeboman yang masif juga telah melenyapkan beberapa situs arkeologi yang mengandung nilai sejarah dan budaya yang panjang.

Banyak lokasi-lokasi dari situs bersejarah di Gaza berada dalam zona evakuasi utara.

BACA JUGA:Mengulik Sejarah dan Misteri Hubungan Kuda dan Manusia Dalam Kehidupan Bangsa Viking

BACA JUGA:Sejarah Bajak Laut di Kekaisaran Tiongkok, Berlayar Bersama Armada 80.000 Perompak

Menurut arkeolog asal Prancis yang telah bekerja di Palestina selama beberapa dekade, Prof. Jean-Baptiste Humbert, kondisi saat ini telah menghadapi kehancuran total akan warisan budaya Gaza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: