Sejarah Bajak Laut di Kekaisaran Tiongkok, Berlayar Bersama Armada 80.000 Perompak

Sejarah Bajak Laut di Kekaisaran Tiongkok, Berlayar Bersama Armada 80.000 Perompak

Foto : Sejarah bajak laut Tiongkok.-Sejarah Bajak Laut di Kekaisaran Tiongkok, Berlayar Bersama Armada 80.000 Perompak-National graphic

PAGARALAMPOS.COM - Ketika mendengar kata "bajak laut", kita mungkin membayangkan gambaran orang-orang yang bermuka seram, mabuk, berlayar dengan kapal besar, dan kerap merampok.

Bajak laut sering digambarkan sedang menimbulkan kekacauan di seluruh Karibia. Setidaknya, gambaran itulah yang ditampilkan oleh budaya pop.

Namun bajak laut tidak hanya ada di dunia barat. Di Asia, misalnya Kekaisaran Tiongkok, bajak laut juga menimbulkan masalah.

Pembajakan, atau tindakan perampokan di laut lepas, telah ada sejak zaman kuno dan terjadi di seluruh dunia. Beberapa orang bahkan menganggap orang Viking di Eropa utara pada dasarnya adalah bajak laut.

BACA JUGA:Mengungkap Asal Usul Suku Guci, ada Keterlibatan dalam Perdagangan Guci dari Tiongkok?

Meskipun demikian, cara bajak laut bertindak dan mengatur diri mereka sangat berbeda tergantung di mana mereka beroperasi.

Zaman keemasan bajak laut di Kekaisaran Tiongkok


Foto : Sejarah bajak laut Tiongkok.-Sejarah Bajak Laut di Kekaisaran Tiongkok, Berlayar Bersama Armada 80.000 Perompak-National graphic

Zaman keemasan pembajakan, dalam pengertian Eropa, umumnya mengacu pada abad ke-17 dan ke-18 (kira-kira sekitar tahun 1650 hingga 1730). "Diperkirakan ada ribuan bajak laut yang melaut pada masa tersebut," tulis Allen B.

Bridgewater di laman Owlcation. Namun pembajakan di Laut Tiongkok Selatan berlangsung lebih lama dibandingkan di Karibia dan Amerika. Pembajakan di Kekaisaran Tiongkok berlangsung antara abad ke-16 dan ke-19.

Ketika pembajakan berkurang di Barat, terjadi "ledakan" bajak laut di seluruh Kekaisaran Tiongkok. Perompak serta armada kapal jauh lebih terorganisir dan hierarkis di kekaisaran itu.

BACA JUGA:Eksplorasi Budaya Tiongkok, 4 Tempat Wisata Seru di Bogor untuk Liburan Imlek

Puncak pembajakan di wilayah Kekaisaran Tiongkok umumnya terjadi antara tahun 1780 dan 1810.

Para bajak laut Kekaisaran Tiongkok terkonsentrasi di dekat Delta Sungai Mutiara, sebuah labirin sungai yang sempurna untuk pembajakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: