Akibat Konflik! Situs Arkeologi di Gaza Terancam Musnah

Akibat Konflik! Situs Arkeologi di Gaza Terancam Musnah

Akibat Konflik! Situs Arkeologi di Gaza Terancam Musnah -Foto: net-

Benteng Qasr al-Basha pernah menjadi pusat kekuasaan dari zaman pemerintahan Ottoman hingga pemerintahan modern Inggris. 

Saat ini, benteng ini digunakan sebagai museum budaya dari artefak-artefak yang ditemukan di Gaza. Perubahan benteng menjadi gudang arkeologis ini dibantu Dana Pembangunan PBB.

5. Masjid Agung Al-Omari

Masjid Al-Omari merupakan masjid tertua dan terbesar di Jabaliya dan telah ada lebih dari 700 tahun yang lalu. Masjid Omari masih memiliki fungsi penting di masyarakat, yaitu menjadi tempat ibadah bagi sekitar 1.000 warga Gaza.

BACA JUGA:Menelusuri Jejak Sejarah Berdirinya Klenteng Sam Poo Kong di Semarang

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Klenteng Tertua di Semarang, Indonesia? Sam Poo Kong!

Namun, bangunan tersebut rusak parah pada tahun 2014. Hal ini karena serangan udara dalam Operasi Defensive Edge yang berhasil meratakan sayap dan atap Masjid.

6. Rumah Al Ghussein

Rumah Al Ghussein adalah bangunan bersejarah yang berasal dari akhir periode Ottoman dan dibangun oleh keluarga kaya Al-Ghussein pada abad ke-18.

Bangunan ini merupakan rumah konsul Inggris pada masa Mandat Inggris. Rumah Al Ghussein sempat ditinggalkan satu dekade lalu.

Hingga renovasi tahun 2020 mengembalikan kemegahan rumah dan mengubahnya menjadi pusat budaya untuk promosi seni, musik, dan film.

BACA JUGA:Mengulik Sejarah Vihara Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, Semarang, Indonesia

BACA JUGA:Tetap Berdiri Kokoh! Inilah Sejarah Berdirinya Benteng Pendem Ambarawa

7. Hammam al Sammara

Hammam al Sammara merupakan pemandian bergaya Turki yang digunakan penduduk setempat sebagai sauna dan tempat menenangkan diri. Bangunan ini sudah ada sejak 1320 M dan dibangun oleh masyarakat Samaria, yaitu cabang Yudaisme Kuno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: