PPP Gagal Tembus Ambang Batas Parlemen, PDIP Dapat Keuntungan di Jawa Timur, Ini Selengkapnya!

PPP Gagal Tembus Ambang Batas Parlemen, PDIP Dapat Keuntungan di Jawa Timur, Ini Selengkapnya!

PPP Gagal Tembus Ambang Batas Parlemen, PDIP Dapat Keuntungan di Jawa Timur, Ini Selengkapnya!--

PAGARALAMPOS.COM - Rekapitulasi suara pemilihan legislatif (pileg) 2024 telah menetapkan nasib partai politik di tingkat nasional serta di tingkat daerah.

Namun, sorotan terbesar jatuh pada Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang gagal menembus ambang batas parlemen sebesar 4%.

Sementara itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) justru mendapat keuntungan dengan memperoleh "durian runtuh" berupa tiga kursi DPR RI dari Jawa Timur yang sebelumnya dikuasai oleh PPP.

Menurut rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), hanya delapan partai politik yang berhasil meraih suara di atas ambang batas 4%, sementara PPP dan PSI tidak berhasil mencapainya.

BACA JUGA:Unilever Bakal Pangkas 7.500 Karyawan dan Pemisahan Bisnis Es Krim, Ada Apa?

Konsekuensinya, kursi-kursi yang semula diduduki oleh PPP di beberapa daerah akan digantikan oleh PDIP.

Salah satu contoh nyata terjadi di Jawa Timur, di mana PPP seharusnya mendapat tiga kursi DPR RI jika berhasil menembus ambang batas 4%.

Namun, karena gagal mencapainya, kursi-kursi tersebut otomatis dialihkan ke PDIP. Ini menjadi 'durian runtuh' bagi PDIP yang berhasil mengisi kekosongan kursi tersebut.

Misalnya, di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur III, PPP awalnya berhasil meraih satu kursi, namun karena gagal mencapai ambang batas, kursi tersebut kemudian dialihkan kepada PDIP.

BACA JUGA: Pj Wako Pagaralam Hadiri Rapat Perencanaan Investasi dan Penanaman Modal, Ini Hasilnya!

Hal serupa terjadi di Dapil Jawa Timur VIII dan XI, di mana kursi-kursi yang semula menjadi milik PPP kini diambil alih oleh PDIP.

Sebagai contoh konkret, di Dapil Jawa Timur VIII, putri Bupati Jombang yang merupakan caleg dari PPP, Ema Ummiyatul Chusnah, seharusnya menduduki kursi DPR RI.

Namun, karena PPP gagal mencapai ambang batas, kursi tersebut kini diisi oleh kader PDIP, Banyu Biru Djarot.

Selain itu, di Dapil Jawa Timur XI, PPP juga kehilangan satu kursi DPR RI yang seharusnya menjadi miliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: