Temukan Kuburan Kuno! Arkeolog Ungkap Sejarah Muslim Spanyol yang Penuh Misteri

Temukan Kuburan Kuno! Arkeolog Ungkap Sejarah Muslim Spanyol yang Penuh Misteri

Temukan Kuburan Kuno! Arkeolog Ungkap Sejarah Muslim Spanyol -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Para arkeolog telah menemukan makam kuno di maqbara, atau pekuburan Muslim, yang berasal dari  abad ke-8 hingga ke-12, di kota Tauste di Lembah Ebro, sekitar 40 km dari Zaragoza, Spanyol, ke arah barat laut.

Peninggalan yang tersisa menunjukkan bahwa mereka dikuburkan menurut upacara penguburan Muslim dan menunjukkan bahwa sebagian besar kota telah dihuni Muslim selama ratusan tahun, meskipun sejarah setempat tidak menyebutkan periode ini.

Sebuah situs arkeologi di timur laut Spanyol berisi salah satu pemakaman Muslim tertua di negara tersebut dengan penemuan 433 kuburan.

Beberapa di antaranya berasal dari  100 tahun pertama penaklukan Muslim di Semenanjung Iberia.

BACA JUGA:Adakadabra! Inilah 4 Kitab Sihir Paling Tua Dalam Sejarah Dunia yang Pernah Ditemukan

BACA JUGA:Kekayaan Budaya Pulau Yap, Sejarah dan Makna Batu Rai sebagai Mata Uang Tradisional

Temuan ini menegaskan bahwa wilayah tersebut, yang berada di sepanjang perbatasan antara dunia Islam dan Kristen yang bertikai pada awal Abad Pertengahan yang penuh gejolak, pernah didominasi oleh penguasa Muslim, yang kemudian digantikan oleh penguasa Kristen dan sejarah mereka terlupakan.

Para arkeolog menggali kuburan kuno dari maqbara atau pekuburan Muslim, yang berasal dari abad kedelapan dan ke-12, pada musim panas tahun 2020 di kota Tauste, Lembah Ebro yang berjarak sekitar 40 kilometer barat laut Zaragoza.

Giménez mengatakan, penemuan terbaru ini memberi petunjuk bahwa masih banyak lagi kuburan Muslim yang bisa ditemukan. "Kami sekarang memiliki informasi yang menunjukkan bahwa ukuran pekuburan tersebut lebih besar dari apa yang diketahui," katanya.

BACA JUGA:Candi Atau Pesanggrahan, Situs Gumbirowati Konon Ada Jejak Mataram, Kini Jadi Wisata Sejarah di Gunung Kidul

BACA JUGA:Adakadabra! Inilah 4 Kitab Sihir Paling Tua Dalam Sejarah Dunia yang Pernah Ditemukan

Penaklukan Muslim

Kuburan tersebut berasal dari masa ketika tentara Muslim dari Afrika Utara yang bersekutu dengan kekhalifahan Umayyah Islam di Damaskus menyerbu wilayah yang sekarang disebut Spanyol pada tahun 711 M.

Pada tahun 718, mereka telah menaklukkan sebagian besar Semenanjung Iberia (sekarang Spanyol dan Portugal) kecuali beberapa daerah pegunungan di barat laut yang masih merupakan kerajaan Kristen yang merdeka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: