Ukraina Dibikin Kewalahan, Dua Peluncur Rudal Hanud Patriotnya Hancur di Donetsk, Dihantam Iskander-M Rusia

Ukraina Dibikin Kewalahan, Dua Peluncur Rudal Hanud Patriotnya  Hancur di Donetsk, Dihantam Iskander-M Rusia

Foto : Peluncur Rudal Hanud.-Ukraina Dibikin Kewalahan, Dua Peluncur Rudal Hanud Patriotnya Hancur di Donetsk, Dihantam Iskander-M Rusia-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Setelah sebelumnya sukses menghancurkan peluncur M142 HIMARS (High Mobility Artillery Rocket System) di Oblast Donetsk, kini ada kabar terbaru.

Bahwa rudal balistik jarak pendek berkecepatan hipersonik Iskander-M milik Rusia, berhasil menghancurkan dua peluncur M901 dari satu sistem rudal hanud MIM-104 Patriot, yang dipasok oleh Jerman.

Meski sebelumnya sudah ada kabar penghancuran pada sistem hanud Patriot Ukraina, namun, baru kali ini pertama terkonfirmasi suksesnya serangan dalam rekaman video pendek.

Lokasi penghancuran yang dimaksud dalam rekaman video terjadi di daerah Pokrovsk, yang masih berada di Donetsk, wilayah Ukraina yang kini dikuasai Rusia.

BACA JUGA:Operasional MBT Leopard Di Ukraina Dibikin Lelah, Akibat Serangan Drone Rusia

Buntut dari penghacuran peluncur Patriot sontak membuat heboh jagad internasional, pasalnya Rusia belum lama sukses meluncurkan rudal balistik Iskander-M dalam menyasar peluncur HIMARS, yang juga terekam dalam video.


Foto : Peluncur Rudal Hanud.-Ukraina Dibikin Kewalahan, Dua Peluncur Rudal Hanud Patriotnya Hancur di Donetsk, Dihantam Iskander-M Rusia-Indomiliter.com

Rekaman video tersebut menampilkan ledakan besar, yang biasanya menunjukkan adanya amunisi peluncur. Menurut sumber yang beredar, ini merupakan konfirmasi awal dari hancurnya peluncur Patriot M901.

Akan tetapi bertentangan dengan klaim yang beredar, Kementerian Pertahanan Rusia justru melakukan intervensi untuk membantah sebagian dari kabar yang beredar.

Melalui saluran Telegram resmi mereka, Kementerian Pertahanan Rusia mengklarifikasi bahwa video ledakan tersebut sebenarnya terkait dengan penghancuran sistem rudal hanud S-300 Ukraina, bukan Patriot yang disebutkan di atas. Meski begitu, mereka mengkonfirmasi penggunaan rudal balistik Iskander selama operasi ini.

BACA JUGA:MBT T-72B3 Rusia Terlalu Tangguh, M1A1 Abrams Ukraina Lukuhlantak Terkena Bombardir

Yang unik, meski sudah ada konfirmasi dari Kementerian Pertahanan Rusia, analisa yang dilakukan open source intelligent punya anggapan berbeda.

“Analisis kontrol menemukan bahwa yang terekam dalam video itu bukan hanya S-300, seperti yang dinyatakan sebelumnya.

Namun dua dari tiga kendaraan yang hancur (akibat serangan) adalah sistem rudal Patriot,” kata sumber dari Sputniknews. Salah satu identifikasi dilakukan lewat jenis truk peluncur yang dihancurkan, yakni MAN KAT1 8×8 buatan Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: