Ukraina Dibikin Kewalahan, Dua Peluncur Rudal Hanud Patriotnya Hancur di Donetsk, Dihantam Iskander-M Rusia

Ukraina Dibikin Kewalahan, Dua Peluncur Rudal Hanud Patriotnya  Hancur di Donetsk, Dihantam Iskander-M Rusia

Foto : Peluncur Rudal Hanud.-Ukraina Dibikin Kewalahan, Dua Peluncur Rudal Hanud Patriotnya Hancur di Donetsk, Dihantam Iskander-M Rusia-Indomiliter.com

M901 merupakan stasiun peluncuran (mobile launcher unit) sistem rudal hanud MIM-104 Patriot. M901 digunakan untuk mengangkut, mengarahkan dan meluncurkan rudal.

BACA JUGA:Bikin Ciut, Rudal Iskander Rusia Hancurkan U nit Peluncur HIMARS Ukraina

Stasiun peluncuran M901 dilengkapi dengan 4 tabung tertutup rudal Patriot atau Patriot PAC-2. Lantaran dipasok oleh Jerman, yang biasanya M901 menggunakan platform truk Oshkosh, 8×8 maka yang digunakan adalah truk MAN.

Sekilas tentang Iskander-M (9M723 quasi ballistic missiles), rudal hipersonik ini punya jarak tembak maksimal 500 km dan jarak tembak minimum 50 km.

Bobot rudal mencapai 3.800 kg dengan berat hulu ledak 480 – 700 kg (tergantung jenis warhead). Sistem rudal dapat disiapkan dalam waktu 4 – 16 menit, sementara interval yang dibutuhkan diantara dua peluncuran adalah 1 menit.

BACA JUGA:Sistem Pelatihan Berbasis Target Drone Andalan Pasukan Arhanud Rusia

Basis pemandu Iskander-M mengusung kombinasi inertial guidance, optical DSMAC, dan GPS/GLONASS. Tingkat akurasi rudal ini ada di rentang 5 – 7 meter.

Sebagai platform peluncur menggunakan heavy truck 8×8 MZKT-79306 ASTROLOG, dimana satu truk peluncur dapat memuat dua rudal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: