MBT T-72B3 Rusia Terlalu Tangguh, M1A1 Abrams Ukraina Lukuhlantak Terkena Bombardir

MBT T-72B3 Rusia Terlalu Tangguh, M1A1 Abrams Ukraina  Lukuhlantak Terkena Bombardir

Foto : MBT Ukraina Hancur.-MBT T-72B3 Rusia Terlalu Tangguh,, M1A1 Abrams Ukraina Lukuhlantak Terkena Bombardir-Indomiliter.com

PAGARALAMPOW.COM - Setelah kehilangan Main Battle Tank (MBT) M1A1 SA (Situational Awareness) Abrams untuk pertama kalinya (akibat serangan drone kamikaze Rusia) pada 25 Februari 2024, masih di wilayah Avdeyevka, salah satu kota di Donetsk Oblast, Ukraina.

Kementerian Pertahanan Federasi Rusia pada 3 Maret lalu mengklaim bahwa pasukan Rusia berhasil menghancurkan MBT M1A1 Abrams kedua lewat tembakan langsung dalam duel dengan MBT T-72B3.

Klaim dari Kementerian Pertahanan Rusia didukung oleh rekaman video dari kamera infrared. Tidak itu saja, muncul rekaman video lain yang memperlihatkan MBT M1A1 Abrams lain (ketiga)

Yang disebut-sebut berhasil dilumpuhkan lewat tembakan rudal anti tank. Namun, belum ada informasi tentang jenis rudal tank yang digunakan.

BACA JUGA:RBSL Klaim Challenger 3 MBT Paling Aman, Berikan Perlindungan Ancaman Nuklir, Biologi, dan Kimia

Kementerian Pertahanan Federasi Rusia mengumumkan bahwa T-72B3 menghancurkan M1A1 Abrams dengan tembakan pertama. Menurut sumber dari garis depan.


Foto : MBT Ukraina Hancur.-MBT T-72B3 Rusia Terlalu Tangguh,, M1A1 Abrams Ukraina Lukuhlantak Terkena Bombardir-Indomiliter.com

Pasukan Rusia dari 15th Separate Motorized Rifle Brigade bertanggung jawab atas penghancuran dua unit MBT M1A1 Abrams di dekat Avdeyevka.

M1A1 Abrams menggunakan baju besi komposit Chobham berlapis-lapis, yang memberikan perlindungan superior terhadap senjata anti-tank. Di sisi lain, T-72B3 menggunakan kombinasi composite armor dan Kontakt-5 explosive reactive armor.

BACA JUGA:Keok Diihajar IFV Ukraina, Rusia Upgrade MBT T-90M Dengan Advanced Explosive Reactive Armor

Sementara kedua tank memiliki kemampuan pertahanan yang kuat, M1A1 Abrams memiliki keunggulan karena teknologi advanced armor.

MBT T-72B3 mempertahankan persenjataan yang sama dengan versi sebelumnya, termasuk meriam 2A46M5 125 mm smoothbore.

Yang mampu menembakkan berbagai macam amunisi 125 mm termasuk APDS (Armor-Piercing Discarding Sabot), HEF (High-Explosive Fragmentation) dan (High-Explosive Anti-Tank).

BACA JUGA:Korsel Luncurkan MBT K1E2, Tank Tangguh Dengan Teknologi Standar K2 Black Panther

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: