RBSL Klaim Challenger 3 MBT Paling Aman, Berikan Perlindungan Ancaman Nuklir, Biologi, dan Kimia

RBSL Klaim Challenger 3 MBT Paling Aman, Berikan Perlindungan Ancaman Nuklir, Biologi, dan Kimia

Foto : Protiotipe Challengger 3.-RBSL Klaim Challenger 3 MBT Paling Aman, Berikan Perlindungan Ancaman Nuklir, Biologi, dan Kimia-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Setelah diperlihatkan dalam presentasi di IQPC International Armoured Vehicles Conference (IAVC) 2024 (22- 25 Januari 2024) di London, sosok prototipe Main Battle Tank (MBT) terbaru Inggris.

Yakni Challenger 3 sampai saat ini belum diperlihatkan secara langsung di hadapan publik. Namun, ada kabar bahwa MBT garapan Rheinmetall BAE Systems Land, telah diseberangkan ke Jerman.

Rheinmetall BAE Systems Land (RBSL) yang merupakan perusahaan patungan Inggris – Jerman, mengumumkan lompatan besar dalam proyek MBT Challenger 3.

Salah satunya dengan baru saja mengirimkan model prototipe terbarunya ke Jerman untuk diuji, sebuah langkah yang menurut tim pers menandai kemajuan signifikan dalam program tersebut.

BACA JUGA:Negeri Bavaria Lokasi Pengujian MBT Challenger 3, Inggris Latihan Tempur Menyeluruh

Berangkat dari potensi peperangan kavaleri di Eropa, Kementerian Pertahanan Inggris pada awal tahun 2022 telah memberikan lampu hijau untuk mengembangan Main Battle Tank (MBT) generasi baru yang lebih mumpuni.


Foto : Protiotipe Challengger 3.-RBSL Klaim Challenger 3 MBT Paling Aman, Berikan Perlindungan Ancaman Nuklir, Biologi, dan Kimia-Indomiliter.com

Konkritnya akan dilakukan upgrade pada armada MBT Challenger 2, dengan anggaran senilai US$1,3 miliar.

Rencananya ada 148 unit Challenger 2 yang akan di-upgrade menjadi Challenger, menjadikan MBT kebangaaan Inggris ini dapat bertahan untuk beroperasi sampai tahun 2040.

Pengujian yang akan dilakukan pada lakukan pada Challenger 3 adalah bagian penting dari proses pengembangannya. Prototipe harus diuji dalam kondisi kerja nyata untuk memastikan kinerja sesuai harapan.

BACA JUGA:Korsel Luncurkan MBT K1E2, Tank Tangguh Dengan Teknologi Standar K2 Black Panther

Yang nantinya pihak pengembang dapat melakukan penyesuaian yang diperlukan. Setelah langkah-langkah ini mereka akan melanjutkan dengan memasok 148 untuk Challenger 3 untuk kebutuhan Angkatan Darat Inggris.

Namun hal ini menimbulkan diskusi dan pertanyaan di Inggris, dan orang-orang bertanya-tanya mengapa model pra-produksi pertama tank tempur utama Challenger 3 dikirim khusus ke Jerman.

John Healy, menteri pertahanan bayangan negara itu, bahkan mengajukan permintaan resmi di parlemen untuk menjelaskan tindakan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: