Keok Diihajar IFV Ukraina, Rusia Upgrade MBT T-90M Dengan Advanced Explosive Reactive Armor

Keok Diihajar IFV Ukraina, Rusia Upgrade MBT T-90M Dengan Advanced Explosive Reactive Armor

Foto : MBT T-90 Rusia-Keok Diihajar IFV Ukraina, Rusia Upgrade MBT T-90M Dengan Advanced Explosive Reactive Armor-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Menjelang tiga tahun berlangsungnya perang RusiaUkraina, Kementerian Pertahanan Rusia lewat channel di Telegram merilis video pendek pada 9 Februari lalu yang memperlihatkan pengerahan Main Battle Tank (MBT) T-90M yang di-upgrade dengan pemasangan Advanced Explosive Reactive Armor (ERA).

Upgrade proteksi pada MBT T-90M sepertinya dilakukan setelah beredarnya video beberapa waktu lalu, yang memperlihatkan Infantry Fighting Vehicle (IFV) M2A2 Bradley milik Ukraina berhasil melumpuhkan T-90M dengan tembakan gencar dari kanon 25 mm dalam pertempuran kavaleri jarak dekat pada awal Januari lalu.

Dan kini T-90M telah mendapatkan upgrade signifikan dalam mekanisme pertahanannya. T-90M dilengkapi dengan Advanced ERA di bagian depan turret dan lambung tank.

Kemajuan dalam teknologi lapis baja ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan bertahan ranpur terhadap berbagai senjata anti-tank.

BACA JUGA:Airborne Command Post Rusia Nyaris Ditembak Jaruh, Terkena Rudal Hanud Ukraina Atau Friendly Fire

Selain itu, T-90M kini dilengkapi pelindung sangkar (cage armor) di bagian turret dan jaring anti-drone, yang digabungkan untuk melawan meningkatnya ancaman drone First Person View (FPV) dan serangan drone kamikaze.

Pengenalan top cage armor dan jaring anti-drone menandai evolusi signifikan dalam filosofi desain kendaraan lapis baja Rusia, menggarisbawahi pentingnya beradaptasi terhadap bentuk-bentuk ancaman baru

Terutama yang ditimbulkan oleh meningkatnya penggunaan drone dan amunisi berpemandu presisi.

Upgrade proteksi pada T-90M merupakan bukti komitmen Rusia untuk memanfaatkan pengalaman tempur yang diperoleh di Ukraina untuk menyempurnakan dan meningkatkan aset militernya.

BACA JUGA:Ngeri, Rusia Sulap Dumb Bomb Brrbobot 1,5 Ton Jadi Bom Berpemandu di Perang Ukraina

Selain peningkatan pertahanannya, T-90M juga dilengkapi kemajuan dalam daya tembak dan sistem operasional.

MBT ini diharapkan membawa senjata yang lebih kuat, sistem penargetan yang ditingkatkan, dan fitur mobilitas yang ditingkatkan, memastikan bahwa tank ini tetap menjadi kekuatan yang tangguh dalam pertempuran.

MBT T-90M punya bobot kosong 46,5 ton dan telah dilengkapi improved armor protection dari jenis Relikt built-in ERA sebagai pengganti proteksi jenis Kontakt-5.

Proteksi baru di T-90M memberikan perlindungan terhadap hulu ledak Tandem HEAT dan secara signifikan mengurangi penetrasi dari munisi APFSDS (Armour-piercing fin-stabilized discarding sabot).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: