Bikin Militer Dunia Bengong, Cina Garap Proyek Kapal Induk ke 4, Rencana Bertenaga Nuklir

Bikin Militer Dunia Bengong, Cina Garap Proyek Kapal Induk ke 4, Rencana Bertenaga Nuklir

Foto : Rencana Projeck Kapal induk Ke 4 Cina.-Bikin Militer Dunia Bengong, Cina Garap Proyek Kapal Induk ke 4, Rencana Bertenaga Nuklir-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Kapal induk terbaru (ketiga) Cina Type 003 Fujian belum juga komisioning atau diserahterimakan kapada Angkatan Laut Cina.

Namun ada kabar terbaru, bahwa Beijing tengah mempersiapkan pembangunan kapal induk keempat. Sejak diluncurkan pada 17 Juni 2022, Fujian baru akan menjalani tahap sea trial pada tahun 2024.

Dan rencana diserahterimakan pada tahun 2025. Tapi guna mengimbangi kekuatan armada AL AS di Pasifik Barat, maka pembangunan kapal induk keempat telah dikumandangkan.

Seperti dikutip Global Times – globaltimes.cn (6/3/2024), Cina akan segera meluncurkan proyek pembangunan kapal induk keempat, sekaligus menjawab pertanyaan banyak kalangan, apakah kapal induk tersebut akan bertenaga nuklir.

BACA JUGA:Pesan Khusus ke Pyongyang, AU Korsel Gelar Elephant Walk Besar-Besaran, Dipimpin F-4E Phantom

Hal tersebut disapaikan komisaris politik Angkatan Laut Cina Yuan Huazhi pada dua sesi yang sedang berlangsung di Beijing.

Yuan Huazhi yang juga menjabat wakil Kongres Rakyat Nasional (NPC) di sela-sela sidang kedua NPC ke-14 pada Selasa, mengungkapkan pernyataan tentang kapal indiuk keempat setelah mendapat pertanyaan dari Hong Kong Commercial Daily.

“Kami akan segera memberi tahu Anda,” kata Yuan. Yuan menjelaskan bahwa tidak ada hambatan dalam teknologi kapal induk Cina, dan pengembangannya berjalan lancar.

Tagar atau hashtag “China to unveil its fourth aircraft carrier soon” menjadi trending topik teratas di Sina Weibo pada hari Rabu, ditonton sekitar 10 juta kali hingga berita ini dimuat, dan netizen Cina mengungkapkan ekspektasi mereka terhadap kapal induk baru tersebut.

BACA JUGA:Jet Tempur Spesialis ‘Kapal Induk’ Yang Terlupakan

Menurut pola umum penggelaran armada kapal induk, sebuah kapal induk menghabiskan sepertiga waktunya untuk pemeliharaan, sepertiga waktunya untuk pelatihan, dan hanya sepertiga waktunya untuk penempatan.


Foto : Rencana Projeck Kapal induk Ke 4 Cina.-Bikin Militer Dunia Bengong, Cina Garap Proyek Kapal Induk ke 4, Rencana Bertenaga Nuklir-Indomiliter.com

Oleh karena sebab itu, dengan hanya memiliki tiga kapal induk berarti Angkatan Laut Cina hanya dapat memiliki satu kapal induk yang siap beroperasi pada waktu tertentu.

Beberapa analis memperkirakan kapal induk Cina keempat akan bertenaga nuklir karena keunggulannya seperti jangkauan yang tidak terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: