Bikin Militer Dunia Bengong, Cina Garap Proyek Kapal Induk ke 4, Rencana Bertenaga Nuklir

Bikin Militer Dunia Bengong, Cina Garap Proyek Kapal Induk ke 4, Rencana Bertenaga Nuklir

Foto : Rencana Projeck Kapal induk Ke 4 Cina.-Bikin Militer Dunia Bengong, Cina Garap Proyek Kapal Induk ke 4, Rencana Bertenaga Nuklir-Indomiliter.com

Sementara beberapa analis lainnya berpendapat bahwa Cina dapat membangun kapal induk bertenaga konvensional seperti kapal induk ketiga Fujian, dengan alasan efisiensi biaya dan kemampuan tempur yang lebih cepat.

BACA JUGA:Kapal Induk Type 003 Fujian Uji Tembakan, Siap Memulai Pelayaran Perdana

Dengan belum bergabungnya Fujian, sampai saat ini Angkatan Laut Cina hanya mengoperasikan dua kapal induk, yaitu Type 001 Liaoning dan Type 002 Shandong.

Keduanya bertenaga konvensional dan menggunakan konsep ski-jump untuk membantu lepas landas pesawat.

Kapal induk ketiga (Fujian), yang lebih besar dari dua pendahulunya dan menggunakan sistem ketapel elektromagnetik – Electromagnetic Aircraft Launch System (EMALS) untuk membantu lepas landas pesawat.

BACA JUGA:Lebih Besar Dari Kapal Induk Amerika? Inilah Sosok Kapal Jung Kuno Milik Majapahit!

Meskipun disebut-sebut sebagai kapal perang tercanggih Cina, Fujian tidak bertenaga nuklir karena Beijing dilaporkan tidak memiliki cukup teknologi reaktor nuklir untuk kapal selama pengembangannya.

Hingga saat ini, hanya angkatan laut Amerika Serikat dan Perancis yang memiliki kapal induk bertenaga nuklir. Hal ini memungkinkan mereka untuk menjalankan misi dalam waktu lama tanpa mengisi bahan bakar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: