Kapal Induk Type 003 Fujian Uji Tembakan, Siap Memulai Pelayaran Perdana

Kapal Induk Type 003 Fujian Uji Tembakan, Siap Memulai Pelayaran Perdana

Foto : Kap Induk-Kapal Induk Type 003 Fujian Uji Tembakan, Siap Memulai Pelayaran Perdana-Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Setelah pada akhir November 2023 diketahui tengah melakukan uji coba sistem ketapel elektromagnetik – Electromagnetic Aircraft Launch System (EMALS), kini kapal induk Type 003 Fujian diwartakan telah hampir merampungkan dalam aspek persiapan, sehingga pelayaran perdananya diperkirakan tidak lama lagi akan dimulai.

Dikutip Global Times – globaltimes.cn (3/1/2024), para analis pertahanan Cina mengatakan kapal induk ketiga Cina, Fujian, hampir selesai dan akan segera melakukan pelayaran perdananya.

“Kami terus membuat kemajuan dalam uji tambatan sesuai rencana,” kata Kapten Yin Hongxin di dek penerbangan Fujian, Xinwen Lianbo, siaran berita prime time China Central Television (CCTV), melaporkan pada hari Selasa.

“Pelayaran perdana Fujian dijadwalkan berlangsung pada tahun 2024, dan menuju pencapaian kesiapan seratus persen pada tahun 2027 sesuai jadwal,” kata Yin. Song Zhongping, seorang pakar militer Tiongkok dan komentator TV.

BACA JUGA:Pengadaan Jet Tempur Mirage 2000-5 Eks Qatar Tertunda, Ada Apa Ya

Kepada Global Times pada hari Rabu bahwa pernyataan Yin menunjukkan bahwa Fujian masih dalam tahap uji coba tambatan untuk sementara waktu tetapi sedang melakukan pengujian intensif.

Kemungkinan akan ada beberapa uji coba laut yang direncanakan pada tahun 2024, sehingga Fujian dapat memasuki layanan dan mencapai kemampuan operasional sesegera mungkin.

Klip pendek yang diputar selama laporan CCTV menunjukkan kapal induk tersebut ditarik oleh kapal tunda tidak jauh dari dermaga, menandai pintu keluarnya dari lokasi di mana kapal tersebut ditambatkan sejak peluncurannya.

Mengutip analisis citra satelit komersial, Thedrive.com melaporkan pada hari Selasa bahwa Fujian dipindahkan ke dok kering sebagai upaya untuk mengatasi masalah dan memastikan uji coba laut yang akan datang memiliki peluang terbaik untuk mencapai kesuksesan.

BACA JUGA:Begini Penampakan OV-10 Bronco Dipasangi Mesin Turbojet

Dari laporan CCTV, pengamat mengatakan dek penerbangan Fujian tampak bersih, dan tiga shelter kerja yang digunakan untuk menutupi tiga ketapel elektromagnetik saat kapal diluncurkan telah disingkirkan. Dengan sayap terlipat, tiruan jet tempur berukuran penuh dapat dilihat di bagian belakang kapal induk.

Karena tiruan jet tempur tersebut relatif jauh dari kamera dan karena definisi klip yang terbatas, para pengamat tidak dapat mencapai kesepakatan mengenai jenisnya.

Dengan beberapa orang mengatakan bahwa itu kemungkinan mewakili jet tempur Shenyang J-15, sementara yang lain mengatakan bahwa model tersebut kemungkinan mewakili jet tempur stealth J-35.

Song mengatakan, kemunculan mock-up pesawat di dek penerbangan Fujian berarti uji tambat menguji penjadwalan pesawat di dek penerbangan, termasuk bongkar muat serta pergerakan dan penentuan posisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: