Cegah Pelanggaran Prajurit TNI, Kodam II/Sriwijaya Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi

Cegah Pelanggaran Prajurit TNI, Kodam II/Sriwijaya Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi

Foto.: Disela apel Gaktib dan Yustisi.-Cegah Pelanggaran Prajurit TNI, Kodam II/Sriwijaya Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi-Kodam2_sriwijaya

PALEMBANG, PAGARALAMPOS.COM - Dalam rangka menekan pelanggaran prajurit dan PNS TNI, Kodam II/Swj melaksanakan operasi Penegakan Ketertiban dan operasi Yustisi di wilayah Sumbagsel secara serentak.

Hal tersebut disampaikan Kapendam II/Sriwijaya, Kolonel Arh Saptarendra P, S.T., M.M., dalam rilisnya, Palembang, Sumsel, Jum’at (08/03/2024).

Diungkapkan Kapendam, upacara pembukaan operasi Gaktib dan Yustisi di wilayah Sumbagsel semula akan dipimpin oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil.

"Dikarenakan Pangdam menghadiri pelantikan dan Sertijab Wakasad di Mabesad, maka kegiatan upacara pembukaan operasi Gaktib dan Yustisi di Makodam dipimpin oleh Kasdam II/Swj (Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.I.P.)," ujar Kolonel Arh Sapta.

BACA JUGA:Polri Segers Limpahkan Tujuh Tersangka PPLN Pelanggaran Pemilu ke Kejaksaan

"Operasi ini ini pada dasarnya dilaksanakan secara terpusat oleh unsur Polisi Militer TNI di seluruh Indonesia, tambah dia.


Foto.: Cek kesiapan personel.-Cegah Pelanggaran Prajurit TNI, Kodam II/Sriwijaya Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi-Kodam2_sriwijaya

"Tujuannya tidak hanya mencegah atau menekan pelanggaran prajurit maupun PNS TNI tapi juga mendukung ketertiban umum, karena personel TNI saat ini berinteraksi di tengah masyarakat,"tegas lulusan Akmil 1996 itu.

BACA JUGA:Pelayanan Humanis, Kowad Kodam II/Swj Screening Peserta Muktamar IMM

Tahun ini, lanjut Sapta, kegiatan operasi Gaktib dan Yustisi dipadukan dengan kegiatan pembuatan SIM TNI oleh Pomdam II/Swj di Makodam II/Swj.

Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi Polisi Militer Tahun 2024 kali ini mengusung tema, Melalui Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2024 Polisi Militer Siap Meningkatkan Penegakkan Hukum, Disiplin  dan  Tata  Tertib  Prajurit TNI Guna Mewujudkan TNI PRIMA Menuju Indonesia Maju.

BACA JUGA:4.557 Pramuka Saka Wira Kartika Ikuti Perkemahan Kodam II/Swj, Pamgdam Ajak Lestsrikan Alam

"Jadi kegiatan operasi ini juga bagian dari edukasi ke personel TNI agar melengkapi surat-surat ketika keluar Kesatrian termasuk ketika berkendaraan militer , mereka harus memiliki SIM TNI,"terang Sapta lebih lanjut.

Selesai upacara, lanjut Sapta, Kasdam II/Swj koordinasi dengan Dirlantas Polda Sumsel sehingga para personel TNI bisa membuat SIM umum secara kolektif. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: