AS Kerahkan Jet Tempur Stealth F-35 di Ukraina, Ada Misi Apa Ya

AS Kerahkan Jet Tempur Stealth F-35 di Ukraina, Ada Misi Apa Ya

Foto : Menhan Singapura.-AS Kerahkan Jet Tempur Stealth F-35 di Ukraina, Ada Misi Apa Ya-Indomiliter.com

Mereka menggambarkan pesawat ini dengan sangat rinci sebagai “radio-electronic vacuum cleaner,” yang pada dasarnya merupakan alat canggih yang mampu mengumpulkan banyak data yang berguna bagi intelijen.

BACA JUGA:Media Singapura Soroti Terkait Produk Israel, Negara Indonesia dan Malaysia Ikut-ikutan?

Untuk menunjang misi pengumpul data intelijen, F-35 dilengkapi dengan peralatan terbaik untuk membantu pengumpulan beragam data intelijen. Ini termasuk radar APG-81 AFAR, sistem peperangan elektronik AN/ASQ-239, dan electro-optical EOTS system.

Sederhananya, F-35 adalah komponen tambahan yang telah ditambahkan ke jaringan rumit platform dan sensor yang saat ini digunakan oleh negara-negara Barat, dengan AS sebagai pemimpinnya, untuk memberikan intelijen penting kepada Ukraina.

Radar AN/APG-81 adalah elemen kunci dari kehebatan pemindaian radar F-35 – menunjukkan pelacakan luar biasa melalui mode pemetaan resolusi tinggi. Radar ini mampu mengidentifikasi dan melacak berbagai target di medan yang luas.

Sistem canggih ini beroperasi dengan mengerahkan serangkaian modul radar kecil yang mengarahkan pancaran radar secara elektronik.

BACA JUGA:Perancis Kirim Rudal Jelajah SCALP Ke Ukraina Dengan SUV Mewah Audi Q7

Mekanisme ini memungkinkan F-35 untuk secara bersamaan memindai berbagai sudut tanpa memutar antena parabola.

Komponen penting lainnya dari persenjataan deteksi F-35 adalah Distributed Aperture System (DAS). Konfigurasi ini mencakup enam sensor inframerah definisi tinggi.

Yang ditempatkan secara strategis di sekitar pesawat, menawarkan kepada pilot visual yang komprehensif dan 24/7 dari pemandangan sekitarnya.

Selain itu, penting untuk ditambahkan bahwa F-35 dilengkapi dengan AN/ASQ-239 Barracuda, sebuah sistem peperangan elektronik canggih.

BACA JUGA:Ketar-Ketir Terimbas Perang, Belanda Pesan Sembilan Unit DITA Untuk Ukraina

Sistem ini unggul dalam mengidentifikasi, menemukan, dan melacak radar musuh dan transmisi komunikasi, sebuah fitur penting dalam mendeteksi sistem anti-pesawat.

Meskipun F-35 memiliki fitur-fitur canggih yang memungkinkannya mengenali dan mengidentifikasi sistem musuh, ada situasi di mana fungsi ini tidak selalu membuahkan hasil.

Kekuatan Rusia memiliki teknik yang dapat secara efektif ‘menyembunyikan’ sistem mereka dari deteksi F-35, terutama dengan predikat Rusia yang unggul dalam penggelaran sistem jamming. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: