Gajah Mada dan Hayam Wuruk, Masa-Masa Keemasan kerajaan Majapahit yang Tak lekang oleh Waktu

Gajah Mada dan Hayam Wuruk, Masa-Masa Keemasan kerajaan Majapahit yang Tak lekang oleh Waktu

Jejak Historis Silsilah Kerajaan Majapahit dan Raja Paling Lama Berkuasa --Net

PAGARALAMPOS.COM - Kerajaan Majapahit, sebagai salah satu kerajaan Hindu-Buddha terakhir di Indonesia, memiliki sejarah yang memukau.

Berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1500 Masehi, kerajaan ini meliputi hampir seluruh nusantara dan mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Hayam Wuruk dengan Gajah Mada sebagai patihnya.

Sejarah Majapahit mencakup kepemimpinan beberapa tokoh yang berkuasa cukup lama, menandai masa keemasan dan kestabilan hubungan baik dengan negara-negara tetangga.

Beberapa raja yang berkuasa cukup lama dalam sejarah Majapahit antara lain Raja Jayanegara, Tribhuwana Tunggadewi, Girindrawardhana Dyah Ranawijaya, Wikramawardhana, dan Hayam Wuruk.

BACA JUGA:Siapa Nama Raja yang Memimpin Kerajaan Majapahit Pada Masa Kejayaannya? Cus Di Baca!

Masing-masing dari mereka memegang tampuk kekuasaan selama belasan hingga puluhan tahun, memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan dan stabilitas kerajaan.

Kerajaan Majapahit tidak hanya menjadi kekaisaran terbesar di Indonesia tetapi juga memiliki jejak kepemimpinan raja yang mencirikan masa keemasannya.

Berbagai raja yang mencatatkan sejarah panjang dalam pemerintahan mereka memberikan kontribusi besar terhadap stabilitas dan kejayaan Majapahit.

Dengan penyebaran agama Hindu-Buddha dan hubungan diplomatik yang kuat dengan negara-negara sekitarnya, Majapahit tetap menjadi salah satu episentrum kebudayaan dan keberlanjutan sejarah Indonesia.
 
BACA JUGA:Inilah 5 Daftar Raja yang Paling Lama Berkuasa di Kerajaan Majapahit!

Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang dianggap sebagai salah satu negara terbesar dalam sejarah Indonesia. 

Sebab, wilayah kekuasaannya hampir mencakup seluruh nusantara. Kerajaan yang berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1500 masehi ini berpusat di Jawa Timur. 

Pendiri Kerajaan Majapahit adalah Raden Wijaya, menantu dari Raja Kertanegara, penguasa terakhir Kerajaan Singasari. 

Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389 M) dengan Gajah Mada sebagai patihnya.

BACA JUGA:Menguak Misteri Makam di Gunung Salak yang Angker, Lantas Makam Siapa Sajakah Disana?

Pada periode ini, seluruh kepulauan Indonesia mengibarkan panji-panji Majapahit dan hubungan persahabatan dengan negara-negara tetangga berlangsung baik.

Sebagian raja Majapahit menjabat cukup singkat dikarenakan konflik politik. Meski begitu, ada beberapa raja lain dalam sejarah tercatat menjabat selama belasan sampai puluhan tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: