Kearifan Nusantara, Inilah 5 Tradisi Unik di Indonesia Untuk Melestarikan Alam

Kearifan Nusantara, Inilah 5 Tradisi Unik di Indonesia Untuk Melestarikan Alam

 

Ruwat Laut, Desa Pulau Pahawang

 

Tradisi ruwat laut sudah jadi tradisi bagi masyarakat pesisir. Awalnya banyak digelar oleh masyarakat di pesisir pulau Jawa dan kemudian menyebar hingga ke Sumatera, khususnya di Lampung. Pada dasarnya, tradisi ini merupakan ungkapan rasa terima kasih pada Tuhan yang telah memberikan berkah dari laut sekaligus permohonan perlindungan dari Tuhan.

 

Tradisi ini dimulai dari doa yang dipimpin seorang pemuka agama lalu kemudian diikuti dengan pelepasan kepala kerbau yang sebelumnya disembelih berdasarkan tata cara keagamaan dan diletakan di atas perahu yang sudah dihias.

 

Rasulan, Yogyakarta

 

Tradisi Rasulan di Gunung Kidul, Yogyakarta merupakan cara untuk mengungkapkan rasa syukur masyarakat setempat setelah melakukan panen melimpah sekaligus untuk merti atau bersih desa sebagai upaya mendapatkan keselamatan dan membuang hal-hal negatif di desa supaya terhindar dari segala malapetaka dan penyakit.

 

Tradisi ini biasanya dilakukan setahun sekali dan memiliki rangkaian acara yang bisa diselenggarakan selama berhari-hari tergantung dari kesepakatan warga desa. Tradisi ini biasanya diawali dengan kerja bakti lalu kemudian ada beberapa perlombaan.

 

Inti tradisi ini adalah acara kenduri yang diawali dengan mengumpulkan hasil bumi dari warga yang disusun dalam gunungan lalu warga juga turut membuat sajian-sajian khas desa, yang kemudian diarak keliling desa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: