Kearifan Nusantara, Inilah 5 Tradisi Unik di Indonesia Untuk Melestarikan Alam

Kearifan Nusantara, Inilah 5 Tradisi Unik di Indonesia Untuk Melestarikan Alam

5 Tradisi Unik di Indonesia yang Dilakukan untuk Melestarikan Alam

 

Alam dan pariwisata merupakan dua hal yang punya kaitan yang erat dan saling mendukung. Alam sudah tentu memiliki daya tarik dan keindahan yang kemudian menjadi suatu objek wisata. Namun, alam haruslah terus terjaga agar pesonanya selalu terawat dan bisa terus dikagumi semua orang.

Untuk itu, dibutuhkan kesadaran semua orang untuk terus menjaga alam dapat selalu lestari. Seiring dengan isu-isu lingkungan yang ada saat ini, sudah banyak upaya yang dilakukan untuk menjaga kelestarian alam, namun, sebenarnya upaya-upaya ini bukanlah hal yang baru.

 

Kesadaran menjaga alam dan lingkungan sudah ada di masyarakat dan bahkan menjadi tradisi-tradisi yang khas. Penasaran apa saja tradisi-tradisi unik yang dilakukan sebagai bentuk upaya menjaga kelestarian alam yang ada di Indonesia? Berikut beberapa diantaranya.

 

Mantari Bondar, Sumatera Utara

 

Merupakan tradisi Desa Hatabosi, sebuah singkatan dari empat desa, yaitu Haunatas, Tanjung Rompa, Bonan Dolok dan Siranap. Mantari Bondar merupakan kearifan lokal yang sudah berusia ratusan tahun yang dilakukan untuk menjaga hutan dan sumber air.

 

Mantari berarti menteri, sementara Bondar merupakan saluran atau aliran air, sehingga artinya pada dasarnya adalah petugas yang menjaga saluran air dan hutan. Mantari Bondar sendiri membawahi Penjago Bondar yang semuanya dipilih melalui rapat adat masyarakat setempat.

 

Melalui tradisi ini, masyarakat Desa Hatabosi berkomitmen untuk menjaga kelestarian hutan dan konservasi air yang juga merupakan sumber utama mereka dalam mendapatkan air bersih dan air untuk lahan-lahan pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: