Kearifan Nusantara, Inilah 5 Tradisi Unik di Indonesia Untuk Melestarikan Alam

Kearifan Nusantara, Inilah 5 Tradisi Unik di Indonesia Untuk Melestarikan Alam

Tradisi ini sudah dilakukan secara turun-temurun dan biasanya dilakukan setelah musim panen besar. Terkait dengan alam, tradisi ini merupakan upaya warga Kalaodi untuk tidak merusak dan mengambil berlebih dari alam.

Komitmen ini dipegang secara kuat melalui sumpah yang disebut Bobeto yang artinya “siapa merusak alam, akan dirusak alam.”

5. Sasi, Maluku dan Papua

Maluku dan Papua dikenal memiliki keindahan alam baik darat dan laut yang selalu terjaga. Hal ini disebabkan salah satunya adalah karena adanya tradisi Sasi atau dalam istilah lokal artinya larangan.

BACA JUGA:Suku Papua Kental Karena Tradisi, Yuk TCek Tradisi Apa Sajakah Itu!

Tradisi ini sudah dilakukan secara turun-temurun di masyarakat Maluku dan Papua dan masih dilakukan hingga sekarang.

Tradisi Sasi merupakan sebuah larangan untuk memanen atau mengambil sumber daya alam tertentu di wilayah adat selama beberapa waktu. Tradisi ini bisa dilakukan di darat maupun di laut.

Di darat tradisi Sasi dilakukan untuk melarang masyarakatnya memanen hasil kebun tertentu, dan bila di laut, larangan memanen dilakukan untuk jenis-jenis ikan tertentu.

BACA JUGA:Suku Papua yang Masih Kental Karena Tradisi yang Dimilikinya!

Tradisi ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga ekosistem dan populasi agar tidak rusak atau habis.

Beberapa tradisi di atas merupakan bukti bahwa pada dasarnya masyarakat kita punya kepedulian yang tinggi dalam menjaga kelestarian alam, karena alam telah menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengenali tradisi-tradisi yang ada ini, diharapkan kita pun bisa memiliki kesadaran yang sama untuk bisa turut menjaga alam sekitar kita, dan tidak hanya sekedar untuk dinikmati keindahannya. (*)

 

 

Artikel ini pernah tayang di, https://www.indonesia.travel/id/id/ide-liburan/5-tradisi-unik-di-indonesia-yang-dilakukan-untuk-melestarikan-alam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: