Jerman Pasok Enam Unit Helikopter Sea King MK41 Naval Utility, Ada Misi apa Ya

Jerman Pasok Enam Unit Helikopter Sea King MK41 Naval Utility, Ada Misi apa Ya

Foto : Helikopter Sea King.-Jerman Pasok Enam Unit Helikopter Sea King MK41 Naval Utility, Ada Misi apa Ya-Indomiliter.com

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Gegara konvensi Montreux yang dijalankan oleh pemerintah Turki, negara Barat sampai saat ini tak bisa mengirim bantuan alutsista menuju Laut Hitam, lantaran akses lewat Selat Bosporus diblokade oleh Turki.

Terutama untuk melintasnya kapal perang asing, yang belakangan dialami Inggris yang mencoba mengirim dua kapal penyapu ranjau Sandown class untuk Angkatan Laut Ukraina.

Namun, Jerman punya strategi tersendiri untuk memperkuat Angkatan Laut Ukraina, tapi bukan lewat pengiriman kapal perang.

Seperti dikutip reuters.com (25/1/2024), Kementerian Pertahanan di Berlin mengumumkan bahwa Jerman akan mengirim enam helikopter Sea King varian naval utility ke Ukraina pada akhir tahun ini.

BACA JUGA:Inilah Profil Tower 22, Benteng Militer AS Di Gurun Pasir Yordania, Dahulunya Basis ISIS

Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius mengungkapkan keputusan ini dalam lingkup Ukraine Defense Contact Group (UDCG).


Foto : Helikopter Sea King.-Jerman Pasok Enam Unit Helikopter Sea King MK41 Naval Utility, Ada Misi apa Ya-Indomiliter.com

Sea King adalah helikopter yang battle proven dan kuat, dan Sea King dapat melakukan tugas pengintaian di Laut Hitam dan pengangkutan pasukan.

Pengiriman helikopter Sea King menjadi transfer kemampuan penerbangan yang pertama bagi Jerman.

Berlin sejauh ini fokus pada penyediaan sistem pertahanan udara (hanud) dan berbagai alutsista berbasis darat termasuk kendaraan lapis baja, seperti Main Battle Tank (MBT) Leopard 2A4.

BACA JUGA:Legenda Hiller 360, Helikopter Pertama di Indonesia Jadi Transportasi Sang Proklamator Bung Karno

Pusat Penerbangan Angkatan Laut Jerman (Marineflieger) saat ini mengoperasikan Sea King MK41 dengan basis pangkalan di Nordholz. Sea King MK41 dilengkapi dengan radar pencarian permukaan dan mampu melakukan basic surveillance operation.

Peran utamanya bagi Angkatan Laut Jerman adalah pencarian dan penyelamatan (SAR) terutama dari pangkalan pesisir.

Selain itu Sea King melakukan peran pasokan angkatan laut, mengangkut personel dan kargo ke kapal angkatan laut Jerman dan NATO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: