Dapat Lampu Hijau Beli 40 Unit F-35A, Yunani Setujui ‘Transfer’ Alutsista Hanud Buatan Rusia Ke Ukraina

 Dapat Lampu Hijau Beli 40 Unit F-35A, Yunani Setujui ‘Transfer’ Alutsista Hanud Buatan Rusia Ke Ukraina

PAGARALAMPOS.COM - Tak berselang lama setelah persetujuan dari AS untuk menjual 40 unit jet tempur stealth F-35A Lightning II ke Yunani senilai US$8,6 miliar, maka ibarat berterima kasih kepada Washington.

Ada kabar bahwa Athena menyetujui pengiriman rudal pertahanan udara (hanud) dan senjata anti-pesawat buatan Rusia ke Ukraina.

Baca juga: AS ‘Akhirnya’ Setujui Turki Beli 40 Unit F-16 Viper dan 79 Paket Modernisasi Senilai $23 Miliar, Ironisnya Yunani Diizinkan Beli 40 Unit F-35A Senilai $8,6 Miliar

Sebagai tanggapan, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menawarkan Yunani opsi untuk mentransfer (menjual) senjata ke Ukraina dengan imbalan bantuan hingga US$200 juta dari Washington.

BACA JUGA:Buron 2 Tahun, Bos Robot Trading Viral Blast Ditangkap di Bangkok

BACA JUGA:Bentuk Kepedulian Terhadap Masyarakat Terdampak Bencana

Meski berstatus sebagai anggota NATO, militer Yunani mengoperasikan beberapa alutsista produksi Rusia (Uni Soviet).


Foto : Tank rampur.- Amankan 40 Unit F-35A, Yunani Kirim Alutsista Hanud Buatan Rusia Ke Ukraina-Pagaralampoa.com

Sebut saja di lini artileri pertahanan udara terdapat rudal hanud Tor-M1, Osa-AK/AKM, S-300PMU1, serta kanon hanud ZU-23-2, dan Yunani memiliki cadangan amunisi yang dinilai cukup untuk sistem senjata tersebut.

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken telah mengusulkan kemungkinan pertukaran dengan Yunani, menawarkan untuk memfasilitasi transfer.

Atau penjualan persenjataan ke Ukraina sebagai imbalan atas pertimbangan Washington untuk memberikan bantuan tambahan ke Athena, yang kemungkinan berjumlah US$200 juta.

BACA JUGA:Bareskrim Polri Bongkar Human Trafficking, 2 Pelaku Ditangkap, Korban Dijanjikan ART di Turki

Dalam surat yang ditujukan kepada Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis, Blinken menyatakan minatnya terhadap kemampuan pertahanan Yunani yang dapat berguna bagi Ukraina, bergantung pada kepentingan Ukraina dan penilaian selanjutnya terhadap kondisi dan perkiraan biaya aset yang diusulkan.

Yunani tertarik dengan potensi pertahanan untuk ditransfer atau dijual ke Ukraina. Jika peluang ini menarik bagi Ukraina dan sebelum pemerintah AS menilai kondisi dan perkiraan biayanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: