Dibalik Pesona Gunung Puntang, Ada Stasiun Radio, Jalur Komunikasi di Asia Tenggara Dimasa Hindia Belanda

Dibalik Pesona Gunung Puntang, Ada Stasiun Radio, Jalur Komunikasi di Asia Tenggara Dimasa Hindia Belanda

PAGARALAMPOS.COM - Banyak tak tak tau, cerita dibalik keindahan alam Gunung Puntang. Yang dahulunya jalur komunikasi penting di Indonesia, bahkan menjankgau AsianTenggara. Kok bisa?

Dikutip dari sejumlah sumber, awalnya pada tahun 1917-1923, Pemerintah Hindia Belanda membangun sebuah stasiun radio terbesar, dengan sistem operasi tercanggih pada saat itu.

Bahkan saking modernnya, stasiun pemancar yang dirancang oleh insinyur elektro kenamaan lulusan Jerman bernama Dr. Ir. Cornelis Johannes de Groot itu sempat diperhitungkan dan masuk ke sejarah perkembangan radio dunia karena jadi penghubung komunikasi Indonesia - Belanda sejauh 12.000 kilometer.

Gunung ini sudah populer sebagai destinasi pendakian, berkemah, dan rekreasi alam lainnya keindahan alamnya mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung.

BACA JUGA:Dibalik Mistis Gunung Salak, Banyak Tak Tau Jika Ada 7 Puncak, Fakta Faktanya Seperti Ini

Sejarah Gunung Puntang yang cukup terkenal yakni dulunya digunakan sebagai titik lokasi untuk siaran radio.


Foto : Sejarah stasiun radio Malabar.-Dibalik Pesona Gunung Puntang, Ada Stasiun Radio, Jalur Komunikasi di Asia Tenggara Dimasa Hindia Belanda-Google.com

Lokasinya yang dikatakan strategis mampu menagkap sinyal dengan baik, hal tersebut membuat informasi siaran radio di Gunung Puntang bisa terdengar hingga ke Belanda.

Lokasi yang dipercaya dengan banyak situs sejarah yang berkaitan dengan kolonialisme dan Kerajaan Jawa Barat, Gunung Puntang menyimpan misteri yang cukup susah untuk ditebak.

Dahulu disini ada tempat stasiun radio bernama Radio Malabar, Radio Malabar bahkan sangat terkenal sebagai yang terbesar di Asia Tenggara.

BACA JUGA:Mengungkap Tabir Misteri, Mitos dan Kisah Menarik di Balik Gunung Puntang yang Bikin Merinding!

Namun, Banyak yang mengatakan bahwa siaran radio Malabar mungkin sampai ke Kerajaan Belanda sekitar waktu itu. Gunung Malabar berada sekitar 2.223 meter di atas permukaan laut.

Bahkan, itu menyembunyikan banyak misteri yang mungkin belum pernah Anda dengar. 

Berikut penjelasan selengkapnya untuk bisa kamu pakai sebagai bahan referensi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: