Pakistan Gunakan Trio Alutsista’ Serang Iran JF-17 Thunder, J-10C Vigorous Dragon Dan Drone Wing Loong II

Pakistan Gunakan Trio Alutsista’ Serang Iran   JF-17 Thunder, J-10C Vigorous Dragon Dan Drone Wing Loong II

Amunisi berpemandu presisi (PGM) utama yang digunakan oleh Pakistan dalam serangan udara adalah GIDS B-REK (Boosted Range Extension Kit), senjata berpemandu presisi bom luncur yang didukung roket dengan jangkauan 170 kilometer. Pada bulan Maret 2017,

BACA JUGA:Polres Pagar Alam Pers Release Kasus Narkoba Sabu dan Ganja, Pelakunya Diduga Bandar

Pakistan mengintegrasikan JF-17 dengan Range Extension Kit (REK) stand-off range air-to-surface weapon yang diproduksi oleh Global Industrial and Defense Solutions (GIDS).

Senjata berpresisi ini mirip dengan JDAM-ER buatan AS. REK mengubah bom serba guna seri MK-80 menjadi bom berpemandu GPS/INS dengan jangkauan 50-60 kilometer dan akurasi CEP kurang dari 20 meter

Dengan setidaknya 125 unit pesawat dalam operasional, maka JF-17 berfungsi sebagai tulang punggung Angkatan Udara Pakistan. JF-17 konon digunakan untuk melakukan serangan udara terhadap teroris di Pakistan utara.

Dan, menurut sebuah laporan, untuk menembak jatuh drone buatan Iran di Pakistan selatan pada tahun 2017.

JF-17 Thunder adalah pesawat tempur multi-peran bermesin tunggal, ringan, yang dikembangkan bersama oleh Cina dan Pakistan. PAC Kamra telah mengirimkan hampir 120 jet tempur JF-17 Block I dan II ke Angkatan Udara Pakistan sejak tahun 2009.

BACA JUGA:Airborne Command Post Rusia Nyaris Ditembak Jaruh, Terkena Rudal Hanud Ukraina Atau Friendly Fire

JF-17 hanya beroperasi di tiga negara – Pakistan, Myanmar, dan Nigeria. Pada bulan Desember 2023, Pakistan memperkenalkan varian Block III terbaru ke dalam armadanya.

Pakistan menyebut jet Cina itu sebagai “Naga dari Timur.” Jet tempur multirole ini dipersenjatai dengan rangkaian peperangan elektronik canggih.

-10C jauh lebih canggih dalam hal aerodinamis dan avionik dibandingkan JF-17, dan merupakan pesawat yang jauh lebih besar dengan muatan lebih tinggi. J-10C juga lebih kompeten di hampir semua domain pertempuran.

Kementerian Luar Negeri Pakistan, dalam sebuah pernyataan, mengatakan: “Pagi ini kami melakukan serangkaian serangan militer presisi yang sangat terkoordinasi.

BACA JUGA:Pengembangan Drone VTOL Flexrotor, Airbus Helicopters Akuisisi Aerovel

Dan ditargetkan secara khusus terhadap tempat persembunyian teroris di provinsi Siestan-o-Baluchistan, Iran. Beberapa teroris terbunuh dalam operasi berbasis Intelijen – dengan nama sandi ‘Marg Bar Sarmachar.”

Pernyataan itu menambahkan: “Selama beberapa tahun terakhir, dalam keterlibatan kami dengan Iran, Pakistan secara konsisten menyampaikan keprihatinan seriusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: