Rumor, Hanud Ukraina Tembak Jatuh Pembom Strategis Tu-22M3 Backfire di Wilayah Rusia

Rumor, Hanud Ukraina Tembak Jatuh Pembom Strategis Tu-22M3 Backfire di Wilayah Rusia

PAGARALAMPOS.COM - Beberapa hari ini ramai diberitakan tentang ‘kemungkinan’ jatuhnya sebuah pembom strategis Rusia Tu-22M3 Backfire oleh rudal hanud Ukraina.

Namun lantaran pihak Ukraina tidak dapat memberikan bukti aksi tersebut, dan pihak Rusia tidak memberikan komentar.

Maka kabar rontoknya pembom bersayap ayun tersebut masih disangsikan oleh sebagian kalangan.

Meski begitu, sejatinya mungkinkah Tu-22 ditembak jatuh? Padahal Tu-22 melancarkan serangan dari wilayah udara Rusia.

BACA JUGA:Ukraina Diperkuat Rantis Lapis Baja Senator 4×4 Ke-1000, Penampaknya Seperti Ini

Forbes.com menyebut bahwa semua sangat mungkin terjadi, Tu-22 ditembak jatuh oleh sistem hanud Ukraina. Tapi itu jelas tidak mudah.

Sumber-sumber Ukraina mengklaim salah satu pesawat pengebom sayap ayun bermesin ganda dari era Soviet itu menghilang dari jangkauan radar Ukraina di Kursk, seratus mil dari perbatasan Rusia dengan Ukraina, pasca melancarkan serangan rudal udara ke permukaan pada hari Jumat lalu.


Foto : Pesawat pembom ditembak jatuh.-Rumor, Hanud Ukraina Tembak Jatuh Pembom Strategis Tu-22M3 Backfire di Wilayah Rusia-Indomiliter.com

Jika Ukraina memang menargetkan Tu-22 di udara, maka secara realistis hanya ada satu sistem rudal permukaan-ke-udara yang dapat melakukannya, yakni sistem hanud lawas era Soviet S-200 (kode NATO SA-5 Gammon)

Industri Soviet mengembangkan S-200 pada tahun 1960an untuk mempertahankan kota dan pangkalan militer dari potensi serangan pembom Amerika Serikat.

BACA JUGA:Jadi Mimpi Buruk Pasukan Ukraina, Drone Kamikaze Rusia Bawa Roket Termobarik TBG-7V

Itu adalah senjata yang sangat besar. Sistem hanud S-200 terdiri dari rudal V-860 dan V-880 memiliki panjang lebih dari 9 meter dan berat delapan ton saat diluncurkan.

Peluncur baterai S-200 bergerak perlahan, bersama dengan radar Tall King dan Square Pair pada traktor-trailer berat.

Radar Tall King mendeteksi target yang jaraknya ratusan mil. Square Pair mengunci target dan mengirimkan sinyal untuk mengarahkan rudal ke sasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: