Embraer Release A-29N Super Tucano, Digadang Ada Negara NATO Yang Minat Beli

Embraer Release A-29N Super Tucano, Digadang Ada Negara NATO Yang Minat Beli

PAGARALAMPOS.COM - Pada ajang LAAD Defence & Security 2023 di Rio de Janeiro, Brasil (11 – 14 April 2023), Embraer meluncurkan varian baru dari pesawat serang ringan turboprop Super Tucano, yakni A-29N Super Tucano.

Ada label N menyiratkan Super Tucano yang satu ini dirancang dengan standar NATO untuk pasar Eropa. Sepintas terdengar ganjil, seperti apakah pesawat jenis COIN (Countrer Insurgency) ideal untuk medan di Eropa?

Namun Embraer meluncurkan A-29N tentu sudah dengan perhitungan, seperti sudah ada negara yang potensial membeli, yang kabarnya sebelum tahun 2023 berganti, Embraer akan menyebutkan siapa yang menjadi launch customer A-29N Super Tucano.

Embraer dalam siaran pers yang diterima Indomiliter.com (30/11/2023), menyebut telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Industri Pertahanan dan Keamanan Belanda (NIDV) di Rotterdam.

BACA JUGA:Dirgantara Imdonesia Berkabung, Dua EMB-314 Super Tucano TNI AU Jatuh, Sang Pilot Pun Gugur

Tujuannya untuk membentuk struktur bersama guna “mengeksplorasi peluang masa depan”. Dalam hal ini, Belanda diperkirakan akan segera menandatangani kontrak untuk akuisisi lima pesawat taktis C-390 Millennium.


Foto : Super Tucano.-Embraer Release A-29N Super Tucano, Digadang Ada Negara NATO Yang Minat Beli-Indimiliter.com

Berdasarkan perjanjian tersebut, perusahaan Brasil dan asosiasi industri sektor ini di Belanda akan bekerja sama untuk menjajaki peluang masa depan.

Termasuk layanan dan pengembangan kemampuan baru untuk pesawat yang ada, termasuk perusahaan negara tersebut dalam rantai pasokan pesawat angkut taktis C-390 Millennium dan A-29 Super Tucano.

Angkatan Udara Belanda sebelumnya telah memilih C-390 Millennium buatan Brasil pada tahun 2022 dan bermaksud menandatangani kontrak untuk pengadaan lima unit untuk menggantikan varian lawas C-130 Hercules.

BACA JUGA:Penyelamat Pilot, Ejection Seat di Pesawat Tempur EMB-314 Super Tucano

Meski sudah diumumkan sekitar 18 bulan lalu, hingga kini pemerintah Belanda dan Embraer belum membeberkan kapan perjanjian tersebut akan ditandatangani.

Baru-baru ini CEO Embraer, Francisco Gomes Neto, mengatakan bahwa dia berharap dapat menyelesaikan proses tersebut pada tahun 2024.

A-29N Super Tucano

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: