Perawatan Mudah Jika Terluka Bernanah, Begini Cara Perawatan yang Hanya Dilakukan Dirumah!

Perawatan Mudah Jika Terluka Bernanah, Begini Cara Perawatan yang Hanya Dilakukan Dirumah!

--

Disarankan untuk mengganti perban steril secara rutin untuk menjaga luka agar tetap bersih. Kamu bisa ganti perban setiap hari atau ketika perban basah dan kotor. 

2. Konsumsi Obat Bebas

Bila luka bernanah menimbulkan gejala nyeri, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan. Nyeri dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga penyembuhan luka pun akan terhambat. 

BACA JUGA:Kamu Harus Tau! inilah Penyebab Munculnya Mata Ikan di Tangan dan Cara Mengatasinya

Bila kamu merasa nyeri, dokter akan menyarankan untuk minum acetaminophen atau ibuprofen. Obat luka bernanah ini bisa dibeli secara bebas. Jika rasa nyeri sulit untuk diatasi, mungkin dokter akan meresepkan obat pereda nyeri yang lebih kuat.  

3. Gunakan Antibiotik

Bila luka bernanah semakin parah, mungkin tandanya kamu memerlukan perhatian medis seperti pengeluaran nanah atau cairan serta resep antibiotik. 

Dijelaskan Dokter Gia, antibiotik menjadi obat paling umum untuk mengobati luka bernanah. Terdapat antibiotik oral seperti amoxicillin, doxycycline, atau, ciprofloxacin yang bisa diresepkan oleh dokter. 

BACA JUGA:Cara Pengolahan 2 Makanan Khas Pagar Alam Yang Unik dan Lezat

Selain itu, ada juga antibiotik topikal seperti neomycin atau mupirocin yang dapat dioleskan langsung ke luka untuk mencegah infeksi berlanjut. 

4. Pastikan Luka Tidak Terinfeksi

Untuk menghindari nanah keluar dari luka, pastikan kamu menjaga area luka dari infeksi. Salah satu caranya dengan rutin membersihkan dan membalutnya secara teratur. 

Pasalnya, infeksi pada luka dapat menyebar ke area lain. Hal ini nantinya dapat memengaruhi perawatan yang serius. 

5. Jaga Kebersihan Luka

BACA JUGA:Piramida Tertua di Dunia Adalah Situs Gunung Padang, Apa benar?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: