Perawatan Mudah Jika Terluka Bernanah, Begini Cara Perawatan yang Hanya Dilakukan Dirumah!

Perawatan Mudah Jika Terluka Bernanah, Begini Cara Perawatan yang Hanya Dilakukan Dirumah!

--

PAGARALAMPOS.COM - Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui cara perawatan luka. Karena jika Anda tahu cara yang tepat, maka luka tidak infeksi. luka pun tidak semakin parah.

Salah satu tanda luka menjadi parah itu ketika muncul nanah. Ini semacam cairan yang kental berwarna kuning. Terkadang, warnanya kecokelat-cokelatan atau kemerah-merahan karena sudah tercampur dengan darah.

Luka bernanah biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Keluarnya cairan berwarna putih susu atau kuning ini menandakan bahwa luka tersebut tidak sehat. 

Cairan tersebut terdiri dari sel darah putih yang mencoba melawan infeksi. Biasanya warna nanah yang keluar akan berbeda-beda, tergantung jenis bakteri yang menyerang. 

BACA JUGA:Dobrak Pasar Motor Listrik, Polytron Kenalkan Fox R, Murah Begini Penampakannya

Cara mengobati luka bernanah agar cepat kering dengan bahan alami.

Anda bisa mengetahui beberapa langkah mudah mengatasi beberapa jenis luka agar cepat sembuh.

Luka pada kulit adalah kondisi di mana terdapat kerusakan atau cacat pada kulit. Luka dapat terjadi karena berbagai sebab, seperti goresan, gigitan serangga, luka bakar, luka sayat, atau benturan.

Penanganan luka pada kulit harus dilakukan dengan baik dan benar untuk mencegah terjadinya infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

Perawatan luka meliputi membersihkan luka, menjaga kebersihan area sekitarnya, menutup luka dengan perban atau plester, serta mengonsumsi obat untuk mengurangi rasa sakit atau antibiotik untuk mencegah infeksi.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk merawat luka:  

BACA JUGA:Piramida Tertua di Dunia Adalah Situs Gunung Padang, Apa benar?

1. Tutup Luka dengan Perban

Setelah luka dibersihkan, kamu bisa menutup luka bernanah dengan perban atau pembalut steril. Tujuannya untuk menghilangkan kelebihan cairan dari luka dan melindungi luka bernanah dari infeksi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: