Brasil Berencana Produksi Secara Lokal Suku Cadang MBT Leopard 1A5, Dampak Perang Ukraina

Brasil Berencana Produksi Secara Lokal Suku Cadang MBT Leopard 1A5, Dampak Perang Ukraina

PAGARALAMPOS.COM - Apa yang selama ini dikhawatirkan militer Brasil sepertinya bakal menjadi kenyataan, dengan melonjaknya permintaan suku cadang dan komponen untuk Main Battle Tank (MBT) Leopard 1A5 dalam laga perang Ukraina.

Rupanya berdampak pada permintaan impor suku cadang yang dibutuhkan Angkatan Darat Brasil yang kini mengoperasikan 116 unit Leopard 1A5BR.

Meski ada komponen Leopard 1A5BR yang dibuat di Brasil, namun, pasokan suku cadang dan beberapa komponen dari Jerman tetap dibutuhkan.

Seperti diketahui, Jerman adalah negara prinsipal MBT Leopard 1 dan 2. MBT Leopard 1 dikembangkan oleh Krauss-Maffei Wegmann untuk memenuhi persyaratan Angkatan Darat Jerman Barat (kala itu).

BACA JUGA:Jerman Tawarkan Enam Unit Kapal Selam AIP Type 214 Kepada AL India, Ternyata Begini Penampaknnya

MBT Leopard 1A5 kemudian diterima untuk digunakan pada tahun 1963. Produksi pertama Leopard 1A5 diserahkan kepada Angkatan Darat Federal Jerman pada bulan September 1965.


Foto : Tank.-Brasil Berencana Produksi Secara Lokal Suku Cadang MBT Leopard 1A5, Dampak Perang Ukraina-Indomiliter.com

Dengan status sebagai MBT dengan populasi cukup besar, mendorong militer Brasil untuk mengambil inisiatif untuk memulai produksi komponen dan suku cadang Leopard 1A5BR di Brasil.

Dari laman Bulgarianmilitary.com yang melansir dari beberapa media lokal Brasil, disebut Kementerian Pertahanan Brasil memprakarsai proyek peningkatan komponen tank Leopard 1A5BR. Proyek ini berfungsi untuk menggalang industri lokal.

Pengumuman dari Angkatan Darat Brasil merinci prosedur permintaan informasi publik telah dimulai, yang dirancang untuk memulai proses proyek baru tersebut.

BACA JUGA:Gandeng Tokoh Agama dan Pimpinan Media, Polri Ajak Wujudkan Pemilu Damai

Tujuan proyek ini adalah untuk menasionalisasi komponen MBT Leopard 1A5BR dalam program strategis Angkatan Darat, dengan menggantikan proyek peningkatan (upgrade) pada MBT yang ada.

Yang bertanggung jawab mengatur prosedur produksi komponen Leopard 1A5BR adalah adalah Direktorat Produksi Brasil, bagian dari Kementerian Sains dan Teknologi Angkatan Darat Brasil.

Menyambut proyek produksi komponen Leopard 1A5BR di dalam negeri, para insinyur dan pakar Brasil tertarik untuk mencari mitra untuk pengembangan kolaboratif suku cadang inovatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: