Tahapan Seleksi dan Tes Sekolah Kedinasan yang Harus Diketahui

Tahapan Seleksi dan Tes Sekolah Kedinasan yang Harus Diketahui

Tahapan Seleksi dan Tes Sekolah Kedinasan yang Harus Diketahui--

6. Tes Wawancara

Untuk bisa masuk ke sekolah kedinasan, anak harus juga mengikuti tahapan wawancara. Tujuannya agar bisa mengetahui secara langsung apa alasan, bagaimana kesiapan mental, fisik, dan lainnya, serta tak lupa bagaimana komitmen calon anak didik. Apalagi sistem pembelajaran kedinasan dan SMA sudah pasti berbeda. 

BACA JUGA:Rambut Mengembangmu Bikin Gak PeDe? Tenang, Begini Cara Mengatasinya!

7. Pantukhir

Pantukhir adalah Penilaian Panitia Penentu Akhir. Di tahap ini akan ditentukan lolos atau tidaknya anak kamu ke sekolah kedinasan.yang dipilih.

Prosesnya semua peserta akan dikumpulkan dan dicocokkan dengan hasil penilaian seleksi dokumen administrasi pendaftaran, tes kesehatan, pemeriksaan penampilan, tes fisik sekolah kedinasan, dan tes lainnya yang sudah dilalui. 

Itulah gambaran umum dari tes sekolah kedinasan yang perlu dilalui jika anak ingin menjadi peserta didik di jalur ini. Namun, perlu diingat jika tahapan tes seleksi tiap sekolah kedinasan tidak selalu sama.

Apalagi seperti yang kita tahu, selain potensi penghasilan dan pangkat taruna akmil yang menjanjikan, bisa masuk ke Akademi Militer adalah suatu kebanggaan tersendiri. Inilah yang kemudian membuat persaingan seleksinya sangat ketat. 

BACA JUGA:Menyingkap Keistimewaan Agrowisata, Ini Dia Pesona Taman Suruh Banyuwangi

Menyadari hal tersebut, SMA Dwiwarna (Boarding School) berusaha untuk memberikan dukungan terbaik melalui program CATAR (Calon Taruna).

CATAR merupakan program yang bertujuan untuk menyiapkan siswa dalam mengikuti seleksi ke Akademi Militer, Akademi TNI AU ataupun TNI AL. 

Program CATAR ini meliputi beberapa kegiatan seperti Bina Jasmani (Binjas), kegiatan Kesemaptaan, Psikotes, Pemeriksaan Kesehatan, hingga Kegiatan Kunjungan ke Sekolah Kedinasan.

Dengan persiapan yang maksimal, siswa siswi pun dapat memasuki sekolah kedinasan impian dengan lebih lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: