Helikopter AKS Sikorsky CH-148 Cyclone Kanada Dikepret Jet Tempur Cina Shenyang J-11

Helikopter AKS Sikorsky CH-148 Cyclone Kanada Dikepret Jet Tempur Cina Shenyang J-11

Foto : Alutsista Kanada.-Helikopter AKS Sikorsky CH-148 Cyclone Kanada Dikepret Jet Tempur Cina Shenyang J-11-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Setelah tanggal 29 Oktober lalu melakukan aksi nekat dengan mencegat pembom strategis B-52H Stratofortress pada jarak hanya 3 meter di atas Laut Cina Selatan, kini ada lagi yang menjadi korban ‘kepretan’ jet tempur Shenyang J-11Angkatan Udara Cina.

Yang di-intercept pemempur Cina adalah sebuah helikopter Anti Kapal Selam (AKS) Sikorsky CH-148 Cyclone milik Angkatan Laut Kanada pada hari Minggu lalu.

Dikutip cnn.com (3/11/2023), Sikorsky CH-148 Cyclone yang jadi korban pencegatan Shenyang J-11, merupakan helikopter yang berbasis di frigat HMCS Ottawa (FFH 341) – Halifax class, yang tengah dalam pelayaran di jalur laut internasional.

Insiden pencegatan CH-148 Cyclone bisa disebut tak kalah dramatis jika dibandingkan pencegatan yang menimpa pembom B-52.

BACA JUGA:Liburan Keluarga Yang Menyenangkan Saat Weekend, Alamanda Rainbow Tempatnya

Disebut dramatis lantaran Shenyang J-11 melepaskan flare tepat di depan jalur lintas helikopter AL Kanada.

Otoritas pertahanan Kanada mengklaim saat itu helikopter tengah terbang di atas perairan internasonal Laut Cina Selatan.

Menurut para perwira militer Kanada, tindakan yang dilalukan pilot jet tempur Cina sangat ceroboh dan dapat mengakibatkan insiden fatal.

“Risiko terhadap helikopter dalam hal ini adalah suara (flare) yang dapat mengenaiai baling-baling atau mesin.

BACA JUGA:Cerita Mengesankan di Surabaya, Usai Menikmari 5 Spot Wisata Ini

Sehingga hal ini dikategorikan sebagai tidak aman dan tidak profesional,” kata Mayor Rob Millen, perwira udara di frigat HMCS Ottawa.

Insiden tersebut adalah yang kedua dari dua pertemuan yang dialami helikopter CH-148 Cyclone dari HMCS Ottawa dengan jet tempur J-11di perairan internasional.

Pada tanggal 29 Oktober 2023, Shenyang J-11 terbang berada sedekat 100 kaki dari helikopter, kata Millen kepada CNN dalam sebuah wawancara.

Insiden pertama terjadi di perairan internasional sekitar 34 mil dari Pulau Paracel di bagian utara Laut Cina Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: