India Berencana Produksi Rudal Udara Ke Udara Vympel R-73E, Cek Bagaimana Penampakannya

India Berencana Produksi Rudal Udara Ke Udara Vympel R-73E, Cek Bagaimana Penampakannya

Foto : Kembangkan Rudal udara,-.India Berencana Produksi Rudal Udara Ke Udara Vympel R-73E, Cek Bagaimana Penampakannya-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Tawaran Rusia untuk memperluas kerja sama industri pertahanan, termasuk membangun fasilitas produksi di negara mitra, rupanya direspon positif oleh India.

Sebagai negara importir terbesar produk persenjataan dari Rusia, maka tak akan sulit bagi India untuk memperluas kerja sama produksi yang telah terbangun.

Setelah meraih lisensi produksi Sukhoi Su-30MKI, kini India bermaksud untuk memproduksi rudal udara ke udara jarak dekat Vympel R-73E.

Sebagai negara yang dominan menggunakan jet tempur buatan Rusia/Soviet, maka keberadaan rudal Vympel R-73E, menjadi elemen kunci pertahanan udara India.

BACA JUGA:Densus 88 Klaim Aksi Teror di Indonesia Menurun 3 Tahun Terakhir

Yang mana Vympel R-73 telah menjadi senjata andalan pada jet tempur Sukhoi Su-30MKI dan MiG-29.

Sementara dari sisi pengguna, Angkatan Udara India selama ini cukup puas dengan performa R-73, yang diketahui dari terjadinya beberapa kali order pengadaan lanjutan.

Dikutip dari bulgarianmilitary.com, dengan semakin fokusnya India pada kebijakan Atmanirbhar (kemandirian), maka kebutuhan akan produksi rudal ini di dalam negeri semakin menjadi kebutuhan.

Pendekatan yang dipertimbangkan untuk mewujudkan tujuan ini melibatkan produksi rudal R-73E berdasarkan metodologi “Make III”, sebagaimana dijelaskan dalam Bab III Prosedur Akuisisi Pertahanan 2020.

BACA JUGA:Otak Rencana Pencurian Berlian di Villa Pagar Alam Diringkus di Jambi, Perhiasan Curian Hanya Dijual 10 Juta

Proposal untuk memproduksi rudal R-73E secara internal sejalan dengan kebijakan Atmanirbhar membuka jalan menuju kemandirian dalam pembuatan rudal.

Inisiatif ini tidak hanya memperkuat persenjataan pertahanan udara India tetapi juga sejalan dengan etos Atmanirbhar Bharat dalam mengurangi ketergantungan pada asing.

Vympel R-73 dipuji secara luas karena kinerjanya yang unggul dan merupaka penting dari cetak biru pertahanan udara India.

Diciptakan dan diproduksi oleh Tactical Missiles Corporation, rudal udara ke udara kompak ini memiliki jangkauan 30 kilometer, dengan varian terbarunya – RVV-MD – yang punya jangkauan hingga 40 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: