Waspada! Inilah 6 Bahaya Minum Alkohol yang Harus Kamu Ketahui

Waspada! Inilah 6 Bahaya Minum Alkohol yang Harus Kamu Ketahui

Waspada! Inilah 6 Bahaya Minum Alkohol yang Harus Kamu Ketahui -Foto: net-

Ketahui selengkapnya di sini: Inilah yang Akan Terjadi pada Otak Pecandu Alkohol.

2. Meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular

Penelitian Alcohol’s effects on the cardiovascular system yang terbit pada Alcohol Research menemukan, penggunaan alkohol memiliki efek kompleks pada kesehatan kardiovaskular. 

BACA JUGA:Polri Cegah Korupsi dalam Program Pupuk Subsidi dan Tata Kelola BUMD

Studi menjelaskan, terdapat hubungan antara kebiasaan minum alkohol dan penyakit kardiovaskular. Contohnya seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, stroke, penyakit arteri perifer, dan kardiomiopati.

3. Menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan

Studi berjudul Alcohol’s role in gastrointestinal tract disorders yang terbit pada Alcohol Health and Research World menemukan bahwa, gangguan pencernaan akibat minuman keras dan kerusakan mukosa pada saluran pencernaan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

BACA JUGA:Jubir TPN: Ganjar-Mahfud Komitmen Perkuat KPK Berantas Korupsi Kakap

Beberapa gangguan termasuk hilangnya nafsu makan dan berbagai keluhan perut. Contohnya seperti mual, muntah, perasaan kenyang, perut kembung, dan sakit perut. 

Alkohol juga mengiritasi usus kecil dan usus besar, di mana ia dipecah dan diserap lebih lanjut. Hal ini dapat mempengaruhi kecepatan normal pergerakan makanan, sehingga muncul masalah pencernaan.

4. Bahaya untuk pankreas

Bahayanya termasuk kekurangan vitamin, karena malabsorbsi dan asupan makanan yang buruk. Konsumsi alkohol kronis dapat berkontribusi terhadap berkembangnya pankreatitis (peradangan pembuluh darah pankreas).

BACA JUGA:Ampuh Banget, Ini Tips Jitu Merawat Kampas Kopling Motor Agar Optimal dan Awet

5. Peningkatan risiko terkena kanker

Perkembangan berbagai jenis kanker dapat dipengaruhi oleh alkohol, karena bersifat  karsinogen. Ini adalah zat yang dapat menyebabkan kanker atau meningkatkan risiko mengembangkan sel abnormal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: