R-187 Azart, Radio Komunikasi Taktis ‘Darurat Penerbang Tempur Rusia

R-187 Azart, Radio Komunikasi Taktis ‘Darurat Penerbang Tempur Rusia

Foto : Alat radio komunikasi Rusia.-R-187 Azart, Radio Komunikasi Taktis ‘Darurat Penerbang Tempur Rusia-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Salah satu perangkat dalam Integrated Aircrew Survival And Self Defense System yang digunakan penerbang tempur Rusia adalah radio taktis R-187 Azart.

Inilah perangkat andalan pilot Rusia untuk melakukan komunikasi kala dalam situasi dan kondisi darurat, atau berada di “Behind Enemy Lines.”

R-187 Azart adalah Software Defined Radio (SDR) generasi keenam yang mampu melakukan akses komunikasi di hampir semua bentuk gelombang.

Radio taktis genggam ini dapat beroperasi pada frekuensi antara 27-520 MHz dengan jangkauan hingga 4 kilometer.

BACA JUGA:Israel Kini Kebut Proyek Hanud Laser Iron Beam

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa radio taktis ini juga dapat berkomunikasi dengan telepon seluler dan dapat menerima sinyal termodulasi.

Juga mengubah data digital menjadi sinyal radio. R-187 Azart disebut-sebut telah mulai dioperasikan pada tahun 2017, dengan pengiriman terus berlanjut setelahnya.

Pengadaan radio ini digadang untuk menyediakan sistem komunikasi yang aman dan anti jamming bagi angkatan bersenjata Rusia.

Karena penerapan algoritma unik penyesuaian ulang frekuensi operasional pseudo-acak – frequency readjustment (FHSS).

BACA JUGA:Kapolri Sambut Hari Pangan Sedunia: Air adalah Kehidupan, Air adalah Makanan

Maka menjadi mustahil bagi aset electronic warfrare musuh untuk menekan saluran radio, mencegat atau memasukkan data yang dipalsukan.

R-187 Azart dilengkapi navigasi terpadu GLONASS/GPS yang menyediakan penentuan posisi sendiri dengan akurasi 25 meter pada garis lintang/bujur dan 40 meter pada ketinggian.

Pertukaran data tentang posisi pelanggan dimungkinkan dalam mode otomatis dan manual.

R-187 Azart dibekali port IR internal dan antarmuka USB untuk dihubungkan ke PC. Radio ini dilengkapi dua mode, yakni automatic relay mode dan time division multiplex mode.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: