Mengenal 10 Warisan Budaya Seni Bela Diri Khas Indonesia yang Masih Lestari

Mengenal 10 Warisan Budaya Seni Bela Diri Khas Indonesia  yang Masih Lestari

Mengenal 10 Warisan Budaya Seni Bela Diri Khas Indonesia yang Masih Lestari-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Seni bela diri merupakan teknik yang digunakan seseorang saat ingin mempertahan diri dari berbagai jenis ancaman.

Setiap negara dan daerah pasti memiliki jenis seni bela diri yang berbeda-beda dengan ciri khasnya masing-masing.

Jika kita melihat artefak sejarah yang masih bisa diamati, seni bela diri merupakan bagian penting dari kehidupan masyarakat Indonesia semenjak dulu.

Dalam seni bela diri, Indonesia memiliki banyak perguruan seni bela diri yang tidak kalah dengan perguruan-perguruan seni bela diri luar.

Karate, kung fu, taekwondo, muay thai adalah beberapa nama bela diri yang sudah sering terdengar, bahkan dari film sampai kejuaraan sudah sering menampilkan kehebatan seni bela diri yang berasal dari mancanegara ini.

BACA JUGA:Peta-Peta Penting Sepanjang Sejarah Kartografi, Dari Yang Kuno Hingga Pencetus Globe

BACA JUGA:Jadi Bukti Peradaban Manusia di Zaman Batu! Arkeolog Berhasil Temukan Benteng Prasejarah di Serbia

Namun, Indonesia juga memiliki bela diri tradisional yang tak kalah tangguh dari bela diri luar negeri. Berikut ini adalah beberapa seni bela diri asli Indonesia yang menyenangkan:

1. Pencak Silat

Pencak silat adalah olahraga bela diri yang mengandalkan kemampuan membela diri, seperti  menangkis dan menyerang. Namun, kemampuan tersebut tidak bisa dilakukan dengan asal. Pasalnya, ada sejumlah teknik dasar pencak silat yang perlu diperhatikan.

Pencak Silat adalah seni bela diri asli Indonesia yang dikeluarkan dari budaya suku Melayu pesisir Sumatera dan semenanjung Malaka.

BACA JUGA:Mengungkap Jejak Sejarah Cirebon yang Berhubungan dengan Prabu Siliwangi

BACA JUGA:Sejarah Hajar Aswad, Diriwayatkan Batu Langit Yang Dibawa Malaikat Jibril

Seni bela diri ini secara luas dikenal di mancanegara dan telah menjadi cabang olahraga resmi di pertandingan Ocean Diversions.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: