Pangdam XVII/Cenderawasih Dampingi Wapres RI Kunjungan Kerja di Papua

Pangdam XVII/Cenderawasih Dampingi Wapres RI Kunjungan Kerja di Papua

PAPUA, PAGARALAMPOS.COM - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mendampingi Wakil Presiden RI (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin kala melakukan rangkaian kegiatan dalam Kunjungan Kerja (Kunker) di PAPUA.

Agenda Kunker tersebut salah satunya kegiatan penyerahan 102 sertifikat tanah hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat Papua, di Youth Creative Hub (PYCH), Abepura, Jayapura, Papua, Rabu (11/10/2023).

Pada acara tersebut, Wapres secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah kepada warga Kecamatan Muara Tami, Abepura, Arso Barat, dan Nimboran.

Sementara kehadiran Pangdam XVII/Cenderawasih di acara ini, sebagai wujud komitmen dalam mendukung agenda prioritas program pembangunan nasional bagi masyarakat Papua.

BACA JUGA:Kabaharkam Tatap Muka Bersama Bhabinkamtibmas Papua Pegunungan

Sebab, Wapres menuturkan bahwa PTSL merupakan program nasional yang dilaksanakan sejak 2017.


Foto : Kunker Wapres RI di Papua.-Pangdam XVII/Cenderawasih Dampingi Wapres RI Kunjungan Kerja di Papua-Dispenad

Dengan target terdaftarnya 126 juta bidang tanah pada 2025, dan merupakan komitmen Pemerintah untuk mempercepat pensertifikatan tanah di seluruh Indonesia secara gratis.

Ini tujuannya tak lain karena untuk menjamin kepastian hukum dan perlindungan hukum terhadap pemiliknya.

Selanjutnya, Wapres mengungkapkan bahwa sebagai bagian dari semangat pemberian otonomi khusus.

BACA JUGA:Polri Tanam 250 Ribu Bibit Mangrove untuk Atasi Dampak Perubahan Iklim

Pemerintah terus mendorong kepastian hukum hak atas tanah melalui sertifikasi hak atas tanah dan pendaftaran tanah adat/ulayat.

"Kegiatan ini, sesuai dengan hasil inventarisasi masyarakat hukum adat dan tanah adat ulayat yang ditetapkan Pemerintah Daerah dalam Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) atau Peraturan Daerah Provinsi (Perdasi)," pungkasnya.

Selanjutnya pada sore harinya Pangdam XVII/Cenderawasih mendampingi Wapres untuk bertemu para tokoh olahraga Papua, akademisi dan anak-anak Sekolah Sepak Bola (SBB), di Stadion Papua Bangkit, Distrik Sentani Timur, Jayapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: