Didukung Rusia, Iran Kembangkan Khayyam, Satelit Mata-Mata Yang Diluncurkan Roket Soyuz

Didukung Rusia, Iran Kembangkan Khayyam, Satelit Mata-Mata Yang Diluncurkan Roket Soyuz

Foto : Roket mata mata Iran lepas landas.-Didukung Rusia, Iran Kembangkan Khayyam, Satelit Mata-Mata Yang Diluncurkan Roket Soyuz-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Setelah sukses meluncurkan satelit mata-mata (spy satellite) Khayyam pada 9 Agustus 2022, Iran dikabarkan kini melanjutkan pembicaraan dengan Rusia

Yaitu, terkait dukungan untuk membangun satelit Khayyam baru, yang disebut sebagai remote sensing satellite.

Diskusi antara Iran dan Rusia mencakup pengembangan spesifikasi teknis untuk satelit Khayyam baru, bersama dengan rencana pengadaan satelit geostasioner kecil dan satelit telekomunikasi.

Hal tersebut dilaporkan kantor berita Rusia TASS, yang mengutip Kantor Berita Iran Mehr. Rusia sukses meluncurkan satelit Khayyam untuk Iran dengan roket Soyuz pada 9 Agustus 2022.

BACA JUGA:Polri Tanam 250 Ribu Bibit Mangrove untuk Atasi Dampak Perubahan Iklim

Khayyam adalah satelit observasi Bumi Kanopus-V buatan Rusia dengan resolusi 3,9 kaki (1,2 meter). Nama satelit Khayyam diambil dari nama penyair dan matematikawan Persia terkenal Omar Khayyam.

Industri luar angkasa Rusia mengalami kerugian bisnis yang besar setelah invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022.

Rusia telah kehilangan kontrak peluncuran komersial dan mitra luar angkasa, sementara anggaran luar angkasanya kemungkinan besar akan semakin terpukul oleh sanksi ekonomi dan dampak lain dari perang tersebut.

Sejak saat itu, negara ini sedang mencari pelanggan dan mitra baru. Hal ini datang dari Iran dan Korea Utara, yang notabeme telah sejak lama mendapat sanksi dari AS dan negara-negara Barat lainnya.

BACA JUGA:Israel Hancurkan Gedung Di Gaza Dengan Smart Bom Rafael SPICE-2000

Rencana besar ruang angkasa Iran adalah mengembangkan dan peluncuran satelit baru, termasuk konstelasi 10 satelit kecil yang disebut General Soleimani Satellite System.

Satelit Khayyam adalah satelit pencitraan resolusi tinggi. Satelit ini dirancang oleh Iranian Space Agency dan dibangun oleh perusahaan Rusia VNIIEM dan NPK Barl.

Dalam kontrak yang mencakup transfer teknologi dan penyediaan bantuan teknologi dalam rancangan keluarga satelit Khayyam di masa depan.

Khayyam adalah satelit seberat 600 kilogram yang terletak di orbit 500 kilometer (310 mil) di atas permukaan bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: