Miris! Ini 10 Provinsi Dengan Guru Paling Sedikit di Indonesia, Simak Selengkapnya

Miris! Ini 10 Provinsi Dengan Guru Paling Sedikit di Indonesia, Simak Selengkapnya

Miris! Ini 10 Provinsi Dengan Guru Paling Sedikit di Indonesia, Simak Selengkapnya-Tangkapan Layar-NaikPangkat.com

PAGARALAMPOS.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencatat bahwa pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, terdapat sekitar 3,36 juta guru di Indonesia.

Namun, terdapat provinsi-provinsi di Indonesia, khususnya di wilayah timur, yang menghadapi tantangan dalam ketersediaan tenaga pengajar.

Salah satu provinsi yang paling terpukul adalah Papua Pegunungan, yang memiliki jumlah guru paling sedikit, hanya 6.932 orang pada tahun ajaran tersebut, atau sekitar 0,20% dari total guru secara nasional.

Papua Selatan juga menghadapi situasi serupa, menduduki peringkat kedua dalam daftar provinsi dengan jumlah guru terendah, dengan hanya 8.283 guru atau setara 0,24% dari jumlah keseluruhan guru di Indonesia.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Ternyata Ini Merk Ban Motor yang Teruji Paling Awet dan Tahan Lama

Kemudian, provinsi Papua Barat Daya, dengan jumlah guru sebanyak 9.855 orang atau 0,29%, juga mengalami keterbatasan dalam sumber daya pengajar.

Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi tingkat pendidikan di wilayah-wilayah tersebut tetapi juga menimbulkan masalah serius seperti yang disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Eqberth C. Kopeuw.

Menurutnya, Kabupaten Jayapura, Papua, saat ini mengalami kekurangan 514 guru di tingkat sekolah dasar dan menengah. Spesifiknya, kekurangan guru terbagi menjadi 44 orang untuk tingkat sekolah dasar (SD), 198 orang untuk sekolah menengah pertama (SMP), 101 orang untuk sekolah menengah atas (SMA), dan 171 orang untuk sekolah menengah kejuruan (SMK).

Untuk mengatasi kekurangan tenaga pengajar ini, pemerintah daerah setempat telah memutuskan untuk mempekerjakan guru dengan sistem kontrak.

BACA JUGA:Jarang Orang Tau! Ini 4 Ban Motor yang Miliki Kualitas Mantap yang Tahan Lama

Namun, langkah-langkah seperti rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang tengah berlangsung diharapkan dapat memberikan solusi jangka panjang yang lebih berkelanjutan untuk masalah kekurangan guru di Kabupaten Jayapura dan di seluruh wilayah yang menghadapi tantangan serupa .

Berikut adalah daftar lengkap 10 provinsi dengan jumlah guru terendah di Indonesia pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024:

  1. Papua Pegunungan: 6.932 orang
  2. Papua Selatan: 8.283 orang
  3. Papua Barat Daya: 9.855 orang
  4. Papua Tengah: 9.936 orang
  5. Papua Barat: 10.181 orang
  6. Kalimantan Utara: 12.889 orang
  7. Papua: 15.989 orang
  8. Gorontalo: 18.735 orang
  9. Kepulauan Bangka Belitung: 19.196 orang
  10. Maluku Utara: 27.057 orang

Situasi ini menggarisbawahi pentingnya upaya perbaikan dalam mendukung pendidikan di wilayah yang memiliki kekurangan guru, terutama di provinsi-provinsi di Indonesia bagian timur.

Pendidikan yang berkualitas adalah kunci untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan bagi anak-anak di seluruh negeri.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: