Bro and Sis, Ini Tips Saat Berbelanja Online Agar Terhidar dari Penipuan

Bro and Sis, Ini Tips Saat Berbelanja Online Agar Terhidar dari Penipuan

tips belanja online-Foto: net-

Cek pula apakah toko tersebut telah tersedia di marketplace/e-commerce resmi, sebab tak menutup kemungkinan terjadinya penipuan meski toko tersebut tampak meyakinkan. 

Karena selain meningkatkan kredibilitas si penjual.

BACA JUGA:14 KM dari Purwokerto, Jawa tengah, Indonesia, Ada Surga yang Tersembunyi, GUYSS

Belanja online melalui marketplace/e-commerce yang trusted juga lebih aman karena pengelola situs-lah yang menjadi perantara.

Sekaligus penjamin saat konsumen dan penjual melakukan transaksi.

Jadi, apabila ada hal-hal yang kurang berkenan, konsumen dapat melaporkannya langsung ke pengelola situs untuk ditindaklanjuti. 

Pastikan juga menggunakan koneksi internet yang stabil, First Media agar pengalaman belanja online tidak mengalami kendala.

BACA JUGA:Ribuan Tahun Bersemayam Dalam Hutan Jati, Istana Ini Ternyata Warisan Airlangga, Siapakah Raja Ini

2. Periksa Reputasi Penjual atau Toko Online

Jika toko online tersebut tersedia di marketplace atau e-commerce yang terpercaya, tips selanjutnya adalah memeriksa reputasi penjual atau toko online-nya.

Dalam marketplace, biasanya akan ada simbol khusus yang menandakan tingginya nilai reputasi penjual beserta tokonya berdasarkan penilaian kepuasan pelanggan. 

Hal ini bisa dicek dari besaran angka rating, adanya badge berwarna emas (gold badge), sampai rating kecepatan sellerdalam merespon chat dari pelanggan.

BACA JUGA:Ternyata Mitsubishi XFORCE Punya Keunggulan Tak Tertandingi, Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

3. Cek Ulasan Produk dari Sesama Pembeli

Ketika hendak membeli produk, jangan buru-buru dicheck-out. Biasakan untuk mengecek ulasan atau review-nya terlebih dulu dari para konsumen yang telah membelinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: