Penemuan Fosil Dinosaurus Baru Berusia 145 Juta Tahun, Ini Yang Didapatkan Para Peneliti!

Penemuan Fosil Dinosaurus Baru Berusia 145 Juta Tahun, Ini Yang Didapatkan Para Peneliti!

Garumbatitan morellensis-ilustrasi-Sciencepost

Dari ukuran Lebar tulang belakangnya mencapai lebih dari satu meter, dan tulang pahanya dapat mencapai dua meter.

Diperkirakan bahwa Garumbatitan morellensis berukuran di atas rata-rata untuk titanosaurus, yang seringkali memiliki ukuran sebesar lapangan basket.

BACA JUGA:Makam Kuno Yang Paling Dikeramatkan! Inilah Kisah Dari Gunung Salak

Dalam dunia dinosaurus, titanosaurus adalah salah satu yang terbesar. Argentinosaurus huinculensis dan Patagotitan mayorum sebelumnya dianggap sebagai yang terbesar, dengan berat mencapai setidaknya 70 ton.

Akan tetapi pada tahun 2021 lalu, terdapat penemuan sisa-sisa spesies titanosaurus baru di Argentina menunjukkan bahwa ada yang mungkin lebih besar dari kedua spesies ini.

Walau titanosaurus adalah sauropoda terberat, mereka bukanlah yang terpanjang. Gelar tersebut kemungkinan dimiliki oleh spesies sauropoda yang belum dikenal itu disebut "Supersaurus," yang panjangnya mencapai 128 kaki.

menurut penelitian Bentuk dari tulang tungkai dan kaki yang primitif, menambahkan pemahaman kita tentang beragamnya jenis sauropoda atau Garumbatitan morellensis ini. 

BACA JUGA:Kek Hotel Bintang 5 Berjalan, Ini 7 Bus Pariwisata Paling Mewah di Indonesia

Dari Tim peneliti juga percaya bahwa Sant Antoni de la Vespa, serta situs lain di Semenanjung Iberia, bisa menjadi kunci untuk mempelajari lebih lanjut tentang evolusi sauropoda.

Tahun 2022, para ilmuwan mengungkap sisa-sisa sauropoda berukuran besar yang belum teridentifikasi di Portugal yang merupakan pesaing fosil dinosaurus terbesar yang diketahui di Eropa, yang berumur 150 juta tahun.

Dengan penemuan Garumbatitan morellensis ini, tentunya semakin menambah wawasan tentang dinosaurus berleher panjang yang belum pernah terlihat sebelumnya dan mengungkap asal usul dan evolusi mereka.

Meskipun masih banyak yang harus dipelajari, penemuan ini adalah tonggak bersejarah dalam dunia paleontologi. Semoga Bermanfaat!

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: