Israel Upgrade Jet Latih Tempur F-5B Freedom Fighter Spanyol

Israel Upgrade Jet Latih Tempur F-5B Freedom Fighter Spanyol

Foto : Jet tempur.-Israel Upgrade Jet Latih Tempur F-5B Freedom Fighter Spanyol-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Sebagai salah satu negara NATO, Spanyol dikenal punya kekuatan udara yang memadai, seperti kekuatan tempurnya bertumpu pada puluhan Eurofighter Typhoon dan F/A-18 Hornet.

Meski bukan pengguna fanatik, ternyata sampai saat Angkatan Udara Spanyol masih mengoperasikan pesawat latih tempur Northrop F-5B Freedom Fighter, yang notabene usianya lebih tua dibandingkan varian F-5E/F TNI AU yang kini telah dipensiunkan.

Di arsenal AU Spanyol, F-5BM difungsikan sebagai pesawat latih oleh 23rd Wing Talavera la Real cadre, yakni satuan yang diberi tugas penting untuk melatih pilot pesawat tempur.

BACA JUGA:Brigif Para Raider 17 Kostrad Terima Kunjungan Delegasi Jepang

Sampai saat ini, total ada 19 unit F-5BM yang dioperasikan AU Spanyol. Yang unik, meski usianya sudah terbilang tua.

Namun pesawat latih tempur ini seolah ‘menolak untuk pensiun’ alias tidak ada rencana dari Spanyol untuk mengganti F-5B dalam waktu dekat.

Justru yang ada AU Spanyol akan melakukan upgrade pada armada F-5BM, sehingga pesawat legendaris ini dapat dioperasikan sampai tahun 2030.

Dikutip dari infodefensa.com, ke-19 unit F-5BM Spanyol akan di-upgrade oleh Israel, negara yang sejatinya bukan operator jet tempur F-5.

BACA JUGA:Begini Penampakan Ivander EOD, Rantis Zeni Jihandak Produksi Dalam Negeri

Sementara Indonesia, di masa lalu justru mempercayakan upgrade F-5E/F Tiger II dalam proyek MACAN kepada perusahaan Spanyol, SABCA.

Israel Aeropaspace Industries (IAI) dan mitranya di Spanyol, Silon Aviación, mendapatkan kontrak senilai 40 juta euro untuk menangani upgrade F-5B.

Tujuan dari kontrak strategis ini adalah untuk memperpanjang masa operasional penempur veteran ini (yang saat ini tidak memiliki pengganti), untuk dapat dioperasikan sampai satu dekade lagi, atau sampai tahun 2030.

Setelah menerima lampu hijau dari Dewan Menteri pada awal tahun ini, Kementerian Pertahanan Spanyol mengumumkan pada bulan Mei lalu bahwa perjanjian komprehensif tersebut mencakup berbagai macam layanan dan pengadaan yang diperlukan untuk modernisasi.

BACA JUGA:Pasukan Khusus Rusia Kerahkan Robot UGV Hedgehog Ladeni Perang Brutal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: