Dongkrak Perekonomian, Lurah Pagar Wangi Fokus Bentuk KWT

Dongkrak Perekonomian, Lurah Pagar Wangi Fokus Bentuk KWT

Dongkrak Perekonomian, Lurah Pagar Wangi Fokus Bentuk KWT - Foto: Fahmi/Pagaralampos.com/FOKUS: Saat KWT Dempo Karya Berseri memproduksi pupuk kompos di Dusun Dempo Karya, Kelurahan Pagar Wangi, Kecamatan Dempo Utara, belum lama ini.--Fahmi/Pagaralampos.com

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - Sebagai langkah Aksi Perubahan, saat ini Lurah Pagar Wangi terus fokus mengembangkan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Diketahui, KWT adalah sebuah organisasi atau kelompok yang terdiri dari wanita-wanita di pedesaan atau perkotaan yang memiliki minat dan keterlibatan dalam berbagai aktivitas pertanian, peternakan, perikanan, dan kegiatan berbasis agrikultural lainnya. 

Lurah Pagar Wangi Nyayu Salmah S Si mengatakan, tujuan utama dari pembentukan KWT adalah untuk memberdayakan wanita di sektor pertanian, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengelola usaha pertanian, serta meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga di lingkungan tempat tinggal mereka.

"Pembentukan KWT Itu berawal dari Aksi perubahan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat, dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah. Aksi itu juga berpijak dari Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan H Herman Deru,"ungkap Nyayu kepada Pagaralampos.com, Senin, 14 Agustus 2023 siang.

BACA JUGA:Berikan Aksi Perubahan, KWT Dempo Karya Berseri Produksi 2 Ton Pupuk Kompos

Saat ini, Lanjut Nyayu, sudah ada 2 kelompok KWT yakni di Dusun Dempo Karya, RT 03/RW 01 Kelurahan Pagar Wangi, Kecamatan Dempo Utara.

"Nantinya setelah kedua kelompok ini telah konsisten menjalankan tujuan utama dari KWT, kedepannya akan dibentuk lagi kelompok di Dusun lain, seperti di Dusun Tegur Wangi Baru dan Tegur Wangi Lama,"terangnya.

Dikatakannya, hasil positif juga telah ditunjukkan oleh KWT Dempo Karya Berseri yang telah mendapatkan orderan pembuatan kelompok kompos sebanyak 2 ton.

"Berharap dengan adanya pembentukan KWT ini, ekonomi masyarakat khususnya di Kelurahan Pagar Wangi dapat meningkat. Tentu dengan semangat gotong royong dan dukungan para anggota KWT, semoga akan mendapatkan hasil yang terbaik,"pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: