Selain Jupiter, Ternyata ini Planet Terbesar di Alam Semesta yang Bikin Takjub

Selain Jupiter, Ternyata ini Planet Terbesar di Alam Semesta yang Bikin Takjub -Foto: net-

Tetapi, meskipun Jupiter adalah planet terbesar yang diketahui di Tata Surya, ternyata ada planet yang lebih besar di luar sana. Planet apa itu?

Planet Terbesar di Alam Semesta

Melansir BBC Science Focus, planet terbesar di alam semesta yang diketahui adalah planet ekstrasurya raksasa bernama ROXs 42 Bb. Raksasa gas ini, berjarak hampir 500 tahun cahaya dari Bumi.

Menurut NASA, planet ROXs 42 Bb yang ditemukan pada tahun 2013 ini memiliki radius diperkirakan mencapai 1,12 kali radius Jupiter.

BACA JUGA:Tradisi Ini Beda Dari Yang Lain, Inilah 5 Ritual Pernikahan Aneh Suku Indonesia!

Diketahui, saat detail baru tentang galaksi dan alam semesta di sekitarnya muncul, kemungkinan para ilmuwan akan menemukan planet baru yang bahkan lebih besar dari ROXs 42 Bb.

Namun, ilmuwan mengatakan garis itu kabur. Jadi tentang klasifikasi planet dan jenisnya sebagai objek luar angkasa masih belum jelas.

Sejauh ini, planet tersebut dikategorikan sebagai katai coklat yakni objek yang berada di suatu tempat antara planet dan bintang.

Katai coklat sebagai bintang yang gagal, pada dasarnya tidak mendapatkan massa yang cukup untuk memulai fusi nuklir di inti mereka. Sebaliknya, planet terbentuk dari akumulasi puing-puing sisa dari kelahiran bintang ini.

Katai coklat juga terlalu besar untuk dihitung sebagai planet, yang secara teknis diklasifikasikan sekitar 13 kali massa Jupiter. ROXs 42 Bb diperkirakan memiliki massa sembilan Jupiter sehingga masih dapat didefinisikan sebagai planet.*