KAN Serahkan Sertifikat Akreditasi Lembaga Validasi dan Verifikasi GRK PT. SUCOFINDO

KAN Serahkan Sertifikat Akreditasi Lembaga Validasi dan Verifikasi GRK PT. SUCOFINDO

BACA JUGA:BSN Gelar SNI Award, Yuk Lihat Ada 12 Kategori Pesertanya

BACA JUGA:Bangkitkan Ekonomi, BSN Selenggarakan Pameran

Saat itu juga menyerahkan sertifikat akreditasi Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) Gas Rumah Kaca berdasarkan SNI ISO/IEC 17029:2019, ISO 14065:2020 dan SNI ISO 14064-3:2019 kepada Direktur Utama PT. Sucofindo, Jobi Triananda pada Senin (31/07/2023). 

Melalui Perpres Nomor 98 Tahun 2021 dan peraturan turunannya, yaitu Peraturan Menteri LHK Nomor 21 Tahun 2022, pelaksanaan validasi dan/atau verifikasi terhadap klaim pengurangan emisi GRK.

Yang dilakukan oleh Lembaga Validasi/Verifikasi (LVV) yang telah diakreditasi KAN berdasarkan SNI ISO/IEC 17029:2019 beserta standar terkait validasi dan verifikasi yang relevan.

BACA JUGA:BSN : Kebutuhan Masyarakat Akan Standar Meningkat Selama Pandemi

Hasil validasi dan/atau verifikasi yang dilakukan LVV akan melalui tahapan MRV (Measurement, Reporting, and Verification) yang dilakukan oleh regulator.

Untuk memastikan bahwa data dan/atau informasi aksi mitigasi dan aksi adaptasi telah dilakukan sesuai dengan tata cara dan/atau standar yang telah ditetapkan serta dijamin kebenarannya. 

Lanjut Kukuh, tugas KAN memastikan bahwa proses verifikasi/validasi dilakukan dengan tata cara sesuai dengan metodologi yang telah ditetapkan.

"Serta memastikan kompetensi LV/V sesuai dengan persyaratan standar,” ungkap Kukuh.

BACA JUGA:BSN Tanda Tangani Kerja Sama dengan Komite Gosstandart

Kukuh sangat mengapresiasi capaian dari PT. Sucofindo yang telah berhasil mendapatkan sertifikat akreditasi SNI ISO/IEC 17029:2019 dan standar terkait.

“Pemberian sertifikat akreditasi ini membuktikan bahwa Sucofindo telah memiliki kompetensi sesuai standar internasional ISO/IEC 17029 yang telah diadopsi menjadi SNI ISO/IEC 17029 untuk melakukan validasi dan verifikasi sesuai ruang lingkupnya,” ujarnya.

Dengan telah diterimanya sertifikat akreditasi skema validasi dan verifikasi gas rumah kaca, maka semakin luas cakupan layanan dari Sucofindo.

Yaitu, sebagai lembaga penilaian kesesuaian yang "bisnis utamanya" bergerak di bidang Testing, Inspection, Certification (TIC). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: