Inovasi Ramah Lingkungan, Bank Mandiri Luncurkan Kartu Debit dari PVC Daur Ulang dan Kartu Kredit Virtual!

Inovasi Ramah Lingkungan, Bank Mandiri Luncurkan Kartu Debit dari PVC Daur Ulang dan Kartu Kredit Virtual!

Raih ISO 22301, Bank Mandiri Pastikan Kehandalan Operasional Bisnis Berstandar Internasional dan Prinsip ESG--Istimewa

PAGARALAMPOS.COM -  Inovasi Ramah Lingkungan: Bank Mandiri Luncurkan Kartu Debit dari PVC Daur Ulang dan Kartu Kredit Virtual untuk Masa Depan yang Lebih Hijau

Bank Mandiri telah menjadi bank pertama di Indonesia yang mengambil inisiatif untuk menerbitkan kartu debit dan kartu prabayar E-Money dari bahan plastik PVC daur ulang.

Serta memperkenalkan kartu kredit virtual tanpa menggunakan kartu plastik.

Peluncuran kartu-kartu ramah lingkungan ini merupakan salah satu bagian dari acara Mandiri ESG Festival 2023 yang digelar pada 12 Juli 2023.
BACA JUGA:Waw, Gunung Padang, Situs Arkeologi dengan Kujang Purba yang Menggoda!

"Inisiatif penerbitan kartu debit dan prabayar PVC daur ulang, serta kartu kredit tanpa kartu plastik merupakan bentuk komitmen Bank Mandiri dalam mendukung keberlanjutan, khususnya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi rendah karbon dan pencapaian target net zero emission Indonesia pada tahun 2060," ujar Darmawan Junaidi, Direktur Utama Bank Mandiri, di Jakarta (12/7).

Sebagai salah satu pelopor dalam Sustainable Banking di Indonesia, Bank Mandiri berupaya untuk mengurangi emisi karbon dan masalah limbah plastik yang serius di negara ini.

Menurut data World Population Review, Indonesia menempati peringkat kelima sebagai negara penghasil sampah plastik terbanyak di dunia, mencapai 9,3 juta ton pada tahun 2016.

BACA JUGA:Gunung Padang, Jejak Kehidupan Zaman Megalitikum yang Tak Terpecahkan, Siapa Yang Bisa Ayoo!

Tumpukan sampah plastik, termasuk PVC (polivinil klorida) yang digunakan dalam pembuatan kartu bank, merupakan ancaman serius bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

Seperti halnya plastik lainnya, PVC yang digunakan dalam kartu bank diproduksi dari minyak bumi (energi fosil) dan proses produksinya menghasilkan bahan kimia berbahaya yang merusak lingkungan.

Plastik juga tidak dapat terurai secara alami, sehingga kartu bank yang dibuang menjadi limbah berbahaya dan seiring waktu berubah menjadi mikroplastik yang bisa masuk kembali ke dalam rantai makanan manusia.

"Penggunaan produk daur ulang plastik adalah salah satu upaya kami dalam mengatasi masalah sampah plastik dan mencapai Sustainability Development Goals (SDGs) poin 12 dan 14, serta menerapkan aspek Environment, Social, and Governance (ESG), khususnya pilar lingkungan," tambah Darmawan.

BACA JUGA:Bank Mandiri Hadirkan Kartu Ramah Lingkungan dalam Mandiri ESG Festival 2023, Ayo Ikutan!

Secara global, menurut laporan ABI Research pada Kuartal I-2022, jumlah kartu bank yang diterbitkan mencapai 35,5 miliar kartu.

Untuk membuat jumlah kartu sebanyak itu, diperlukan plastik dengan berat setara 95 unit Boeing 747, serta menghasilkan jejak karbon setara dengan 288.000 penumpang yang terbang dari New York ke Sydney!

Sebagai bank dengan aset terbesar di Indonesia, Bank Mandiri menjadi pelopor dalam penggunaan PVC daur ulang (rPVC) di Indonesia untuk mendukung ekonomi sirkular dan mengurangi emisi karbon.

Dengan sekitar 15 juta kartu debit dan E-Money aktif, potensi pengurangan karbon dari penggunaan rPVC oleh Bank Mandiri mencapai 2.252 ton Co2.


BACA JUGA:Inilah Penemuan Kuno yang Menggemparkan Dunia, Nomor 1 Ada di Indonesia!

rPVC yang digunakan untuk kartu Bank Mandiri diperoleh dari kartu debit dan E-Money Bank Mandiri yang sudah kadaluarsa atau dari sumber bahan PVC lainnya yang telah didaur ulang.

Darmawan juga menjelaskan bahwa PVC daur ulang yang digunakan Bank Mandiri telah mendapatkan akreditasi dari The Underwriters Laboratories’ (UL) Recycled Content Validation, yang merupakan standar dan praktik terbaik secara internasional.

Validasi dari UL ini memberikan jaminan dan bukti bahwa bahan yang digunakan Bank Mandiri untuk kartu adalah PVC daur ulang yang ramah lingkungan.

BACA JUGA:Sempat Menggemparkan Dunia, Ternyata Ini Fakta Menarik Seputar Situs Gunung Padang!

Selain itu, dalam acara ESG Mandiri Festival 2023, Bank Mandiri juga memperkenalkan serangkaian inisiatif dan produk keberlanjutan lainnya.

Ini termasuk peluncuran kartu kredit virtual Livin’ Everyday sebagai kartu kredit virtual pertama Bank Mandiri (cardless credit card).

Peluncuran kartu kredit virtual ini merupakan langkah untuk mengurangi limbah plastik dan emisi karbon dari proses produksi, pencetakan, dan pengiriman kartu fisik kepada nasabah.

Kartu kredit virtual Livin’ Everyday ditujukan untuk generasi milenial dan Gen Z dengan berbagai layanan dan manfaat yang ditawarkan.

BACA JUGA:Bikin Garuk Kepala! Ternyata Suku Ini Masih melakukan Adat Perkawinan Kuno, salahsatunya Libatkan Dukun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: