Keberagaman Menakjubkan Indonesia, Menggali Keunikan 5 Suku Bangsa Tertua yang Membentuk Identitas Bangsa

Keberagaman Menakjubkan Indonesia, Menggali Keunikan 5 Suku Bangsa Tertua yang Membentuk Identitas Bangsa

Keberagaman Menakjubkan Indonesia, Menggali Keunikan 5 Suku Bangsa Tertua yang Membentuk Identitas Bangsa-Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan keberagaman suku bangsa, ras, etnis, agama, budaya, dan bahasa daerah.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) dari Sensus Penduduk (SP) tahun 2010, terdapat lebih dari 300 kelompok etnis atau suku bangsa di Indonesia, dengan total 1.340 suku bangsa yang tersebar di seluruh tanah air.

Dari sekian banyak suku bangsa tersebut, terdapat tujuh suku yang dianggap sebagai suku bangsa pertama yang datang ke Indonesia.

Berikut adalah penjelasan mengenai lima suku bangsa tertua di Indonesia berdasarkan berbagai sumber:

BACA JUGA:Ternyata Tukang Pencari Rumput yang Menemukan Istana didalam Hutan, Ini Dia Kisahnya!

1. Suku Wajak


--

Suku Wajak menduduki posisi pertama sebagai suku bangsa tertua di Indonesia. Mereka mendiami wilayah Kota Tulungagung, Jawa Timur.

Namun, hingga saat ini belum ada informasi yang jelas mengenai sejarah dan keberadaan Suku Wajak. Suku ini menghilang secara misterius dan keberadaannya tidak diketahui.

2. Suku Kerinci


--

Suku Kerinci juga merupakan salah satu suku bangsa tertua di Indonesia yang masih ada hingga saat ini. Suku Kerinci tergolong dalam ras Mongoloid dan menggunakan bahasa Austronesia.

Leluhur Austronesia mereka bermigrasi dari Kepulauan Taiwan dan wilayah Indo-China sekitar 5000-3500 tahun yang lalu.

BACA JUGA:Aneh Tapi Nyata, Kok Bisa Malam Pertama Suku Ini Harus Begini Dulu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: